DetikHot

book

Novel Baru Haruki Murakami Kena Sensor di Hong Kong

Kamis, 26 Jul 2018 12:13 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Novel Baru Haruki Murakami Kena Sensor di Hong Kong Novel Baru Haruki Murakami Kena Sensor di Hong Kong Foto: Istimewa
Jakarta - Baru saja menerbitkan novel 'Killing Commendatore' pada Februari 2017 lalu di Jepang, karya Haruki Murakami justru kena sensor di Hong Kong. Novelnya dianggap memiliki cerita seksualitas dan dihapus dari pameran buku terbesar di Asia.

Pekan lalu Pengadilan Hong Kong mengumumkan edisi bahasa Cina Haruki Murakami 'Kishidancho Goroshi' untuk sementara diklasifikasikan sebagai kelas dua. Menurut South China Morning Post, artinya bukunya harus disampul dengan sampul khusus dan pemberitahuan tentang isi, serta akses terbatas pada pembaca di atas 18 tahun.

Lantaran keputusan tersebut, novel Haruki Murakami ditarik dari pameran buku. Seorang juru bicara untuk budaya dan rekreasi Hong Kong mengatakan perpustakaan umum juga akan memberlakukan aturan tersebut di perpustakaan umum.



"Pembaca yang telah mencapai usia 18 tahun dapat meminta untuk meminjam buku ini," ujarnya dilansir dari Guardian, Kamis (26/7/2018).

Selain itu, perusahaan toko buku dari Taiwan yang memajang novel Haruki Murakami di stan pameran buku juga diminta ditarik. Atau dapat menyebabkan stan di pameran tersebut ditutup.

Meski sudah diterbitkan Februari 2017 lalu, novel Haruki Murakami akan rilis dalam bahasa Inggris di AS pada 9 Oktober 2018. Serta di Inggris pada November 2018.



Novelnya menceritakan tentang rasa cinta dan kesepian, perang dan seni, serta penghormatan yang besar terhadap novel 'The Great Gatsby'. Menurut penerbit Haruki Murakami di Inggris Harvill Secker, novelnya disebut menakjubkan.

"Novel terbaru Murakami penuh dengan kaya imajinasi yang menakjubkan. Dan salah satu karya terbesar dari Haruki Murakami," tulis Harvill Secker.


Tonton juga video: 'Protes Pajak Penulis Tinggi, Tere Liye Berhenti Terbitkan Buku'


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed