DetikHot

book

Leila S Chudori Tak Bisa Lepas Tulis Novel Berlatar Isu Politik

Kamis, 12 Jul 2018 17:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Leila S Chudori Tak Bisa Lepas Tulis Novel Berlatar Isu Politik Leila S Chudori Tak Bisa Lepas Tulis Novel Berlatar Isu Politik Foto: Is Mujiarso
Jakarta - Sukses menerbitkan novel 'Pulang' dan 'Laut Bercerita', Leila S Chudori kini tengah menggarap karya lainnya. Dua novel yang berlatar politik itu diakui pembaca setianya memiliki daya pikat.

Perempuan kelahiran Desember 1962 itu pun mengakui tak bisa lepas dari isu-isu politik maupun bersejarah yang terjadi di negeri ini.

"Setelah dua novel itu, saya mau lari dari situ. Saya mau mencoba keluar dari political issue. Bolak-balik kayak gitu lagi," ujarnya ketika ditemui di Kinosaurus Jakarta, Rabu (11/7) malam.



Sembari tertawa, Leila menuturkan kemungkinan latar belakang menjalani profesi sebagai wartawan itu menjadi salah satu alasan. Hampir 28 tahun lamanya, penulis '9 dari Nadira' itu menjadi wartawan TEMPO.

Profesi itu pula yang membawa Leila pada pencarian dan riset yang mendalam. Cerita dalam novel 'Laut Bercerita' pun melebar.

"Akhirnya saya harus menulis soal kehidupan aktivis, soal keluarga, lalu pasca kehilangan keluarganya. Saya juga mau paham jiwanya aktivis yang mau melakukan hal itu. Hal-hal berbahaya yang mungkin suatu hari nanti merenggut nyawa mereka," katanya.

Saat ini Leila tengah menggarap tiga buku baru. Ia juga menyebutkan buku-buku tersebut ada yang mengisahkan tentang kerajaan-kerajaan, kumpulan cerita pendek, dan prekuel dari novel 'Pulang'.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed