DetikHot

book

JK Rowling Diserang Netizen soal Nasionalisme Skotlandia

Senin, 09 Jul 2018 12:38 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
JK Rowling Diserang Netizen soal Nasionalisme Skotlandia JK Rowling Diserang Netizen soal Nasionalisme Skotlandia Foto: Getty Images
Jakarta - JK Rowling kerap diserang netizen di akun Twitter pribadi dengan beragam isu. Sebagian besar mengenai karakter-karakter Harry Potter yang pernah 'dimatikan' hingga isu mengenai nasionalisme negara kelahirannya.

Penulis yang tinggal di Skotlandia itu menanggapi kolom yang ditulis oleh Lesley Riddoch. Dalam tulisan tersebut dinyatakan, JK Rowling mendeskripsikan kutipan Riddoch sebagai 'nasionalisme Crunchy Nut' dan berkicau memperingati penggemarnya dengan kata, "Peringatan: tulisan ini mengandung jejak kefanatikan," tulisnya.

Seorang netizen lainnya pun menanyakan alasan JK Rowling menuliskan nasionalis Skotlandia adalah xenophobic, rasis, maupun anti-Inggris.



"Ketika darah dan etno-nasionalis berbasis dengan kata sipil, nasionalisme Anda tidak terlalu berbeda dengan negara lain," tulis JK Rowling.

Sebelumnya ia berkampanye untuk Skotlandia untuk tetap menjadi bagian dari Inggris. Dia pun pernah menyumbangkan £ 1 juta untuk kampanye Better Together.

Tak hanya dari satu netizen saja, tapi ia juga digeruduk oleh netizen lainnya. JK Rowling telah berkali-kali dikritik pembaca maupun penggemarnya dengan pendapat pribadi yang kerap dilontarkan.

Pada Februari 2017 lalu, fans pernah menyerangnya mengenai karakter Nicholas Flamel. Ia hanya menjawab nyeleneh, "Serius, bacalah bukuku sebelum kamu bakar, itu akan lebih mudah ketika kamu menyerangku.

Dalam beberapa kicauannya, ia pernah menambahkan hastag #unpresidented maupun #TeamMadonna. Bahkan penulis 'Fantastic Beasts And Where to Find Them' menghadiri talkshow Oprah secara terang-terangan dia anti-Trump.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed