DetikHot

book

Superman Bela Pengungsi Terlihat di Komik Ini

Kamis, 21 Jun 2018 12:27 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Superman Bela Pengungsi Terlihat di Komik Ini Superman Bela Pengungsi Terlihat di Komik Ini Foto: Istimewa
Jakarta - Ingat dengan cerita Superman yang dikirim ke bumi oleh orangtuanya sebelum planet asalnya Krypton hancur? Kisah klasik Superman itu masih melekat di hati pembaca komik sampai sekarang.

Memperingati Hari Pengungsi Dunia, DC Comics mempublikasikan Superman yang membela pengungsi maupun imigran dan disebarkan lewat akun Twitter.

"Superman membela yang benar. Apakah kamu juga adalah seorang pengungsi? Memperingati #WorldRefugeeDay, jadilah seperti Superman dan belalah orang yang benar. #StandWith Refugees and @theIRC," tulis DC Comics seperti dilansir detikHOT, Kamis (21/6/2018).



Isu mengenai pengungsi setelah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS semakin santer terdengar. Krisis migran di Eropa dan perpisahan keluarga di perbatasan selatan AS ini adalah dua situasi yang paling dikenal oleh banyak orang. Publik pun makin mendebatkan masalah ini.

Masalah imigran dan diskriminasi ini terlihat dalam komik 'Action Comics #987' terbitan DC Comics. Di komik tersebut, diceritakan Superman melindungi sekelompok imigran dari kejahatan kebencian ketika seorang warga negara AS yang penganggguran marah dan melepaskan tembakan ke kelompok itu. Implikasinya adalah pekerjaan.

Superman pun melucuti senjata penjahat tersebut dan menyerahkannya ke polisi sebelum memastikan imigran aman, selamat, dan dirawat. DC Comics pun secara konsisten membela hak-hak masyarakat yang tertindas.

Pertengahan tahun lalu, DC Editorial menjelaskan sejarah di balik pemulihan digital sampul buku di tahun 1949 yang menampilkan Superman tengah mendesak anak-anak.





(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed