DetikHot

book

Lelucon 'Kotor' Anne Frank Ditemukan dalam Buku Harian

Rabu, 16 Mei 2018 10:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lelucon Kotor Anne Frank Ditemukan dalam Buku Harian Lelucon 'Kotor' Anne Frank Ditemukan dalam Buku Harian Foto: Istimewa
Jakarta - Teknologi digital mampu menguraikan bagian tersembunyi dari buku harian Anne Frank. Ada dua halaman di dalam buku harian yang selama ini tidak diketahui isi tulisannya.

Ternyata isi tulisan di dua lembaran tersebut adalah empat lelucon 'kotor' tentang persoalan seks, kontrasepsi, dan prostitusi.

"Siapapun yang membaca isi tulisan tersebut pastinya akan menahan senyum," ujar Direktur Institut Belanda untuk Perang Holocaust dan Studi Genosida Frank van Free.

"Lelucon kotor klasik di antara anak-anak yang sedang tumbuh. Mereka menjelaskan Anne adalah seorang gadis biasa yang penasaran dengan persoalan tersebut," katanya lagi.



Anne menuliskan dua halaman itu pada 28 September 1942 silam, sekitar 3 bulan setelah keluarganya bersembunyi dari Nazi. Dua halaman itu ditutupinya dengan kertas cokelat dan isinya tetap menjadi misteri selama beberapa dekade.

Para ahli mengatakan teks yang baru ditemukan mengungkapkan lebih banyak tentang perkembangan Anne dan ketertarikannya pada seks. Direktur Eksekutif Museum Anne Frank House Ronald Leopold mengatakan tulisannya membuka tabir tersembunyi dari kehidupan Anne Frank.

"Anne menciptakan situasi fiktif yang membuatnya lebih muda untuk mengatasi topik sensitif yang ia tulis. Dalam buku hariannya, ia berbicara kepada teman fiksinya yang bernama Kitty," tulis dia.

Dalam 2 halaman tersembunyi, Anne menggambarkan bagaimana seorang perempuan muda mendapatkan 'waktunya' saat berusia 14 tahun. Itu adalah 'tanda' untuk memiliki hubungan dengan seorang pria tapi dalam tulisannya Anne menegaskan tidak akan melakukannya kalau belum menikah.



Anne menulis buku hariannya selama lebih dari 2 tahun dan bersembunyi hingga 4 Agustus 1944. Ketika ditemukan, mereka akhirnya dideportasi ke Auschwitz. Hanya ayah Anne, Otto Frank, yang selamat dari perang. Anne dan saudara perempuannya meninggal di kamp Bergen-Belsen.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed