DetikHot

book

Pria yang Curi 2 Lukisan Andy Warhol Akhirnya Dibui

Jumat, 11 Mei 2018 12:06 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pria yang Curi 2 Lukisan Andy Warhol Akhirnya Dibui Pria yang Curi 2 Lukisan Andy Warhol Akhirnya Dibui Foto: Thierry Chesnot/Getty Images
Jakarta - Seorang pria yang berusia 43 tahun akhirnya ditangkap kepolisian Los Angeles lantaran mencuri 2 lukisan Andy Warhol pada 2016 lalu. Lukisan tiruan itu sempat dijual di eBay.

Pengadilan federal di Boston menyebutkan pria bernama Brian Walshe menjual 2 lukisn Warhol kepada pemilik galeri Los Angeles seharga $ 80.000. Ia dikabarkan memiliki lukisan-lukisan asli yang ia curi dari mantan teman sekelasnya di Carnegie Mellon University yang kini tinggal di Korea.

Di tahun 2016, pemilik galeri menemukan postingan 2 lukisan Warhol yang merupakan seri 'Shadow' di eBay. Saat itu harganya tercatat $ 100.000.



Dalam postingan di eBay disebutkan Walshe telah membeli lukisan-lukisan tersebut dari art dealer di tahun 2007 seharga $240.000. Ia bersedia menjualnya sekarang untuk menutupi biaya renovasi rumahnya.

Setelah berbicara dengan Walshe, pemilik galeri setuju untuk membeli lukisan di luar eBay dengan harga $80.000. Lukisannya disebut memiliki prangko dari Andy Warhol Foundation.

Namun saat lukisan tersebut dibawa oleh asisten pemilik galeri ke Boston, lukisannya sama sekali tidak ada prangko Andy Warhol. Ia pun langsung melaporkannya pada pihak berwenang dan Walshe dijerat oleh pasal penipuan.

"Teman-temannya dari Korea Selatan akhirnya diminta untuk melacak Walshe dan meminta dia mengembalikan karya seni," ujar pihak kepolisian seperti dilansir dari Reuters, Jumat (11/5/2018).

Teman dari Korea tersebut, lanjut laporan pengadilan, hanya mengembalikan 2 lukisan Keith Haring dan patung porselen dari dinasti Tang. Walshe pun sudah menjual satu lukisan Warhol ke rumah lelang Christie.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed