DetikHot

book

Aksi Bersih Sampah Laut di Hari Terakhir MIWF 2018

Selasa, 08 Mei 2018 10:20 WIB  ·   Ibnu Munsir - detikHOT
Aksi Bersih Sampah Laut di Hari Terakhir MIWF 2018 Aksi Bersih Sampah Laut di Hari Terakhir MIWF 2018 Foto: Ibnu Munsir/ detikHOT
Makassar - Makassar International Writers Festival (MIWF) 2018 sukses digelar di Benteng Rotterdam, Jalan Ujung Pandang. Tak hanya literasi, MIWF juga mengelar aksi sosial dengan membersihkan laut dan plataran di Anjungan Pantai Losari Makassar.

"Ini supaya kita bertangungjawab dengan mengumpulkan. Terus tadi pagi kita lakukan pembersihan pantai tadi pagi kerjasama dengan FKM," kata Founder Makassar International Writers Festival (MIWF), Lily Yulianti Farid. Ditemui di Benteng Rotterdam, Sabtu (5/5/2018) malam.

MIWF 2018 juga saat ini aktif pada persoalan praktis di masyarakat. Tak hanya pada persoalan puisi, buku, budaya namun lingkungan juga jauh lebih penting.



"Kita mulai ikut persoalan praktis ke masyarakat, ada yang tanya apa hubunganya dengan literasi sama lingkungan. Kita cuman pikir literasi namun yang lain tidak, kita ada integrasi," jelasnya.

Ia pun telah mengingatkan kepada pengunjung dan pedagang di MIWF untuk menjaga kebersihanya. Khususnya pengunaan botol plastik.

Aksi Bersih Sampah Laut di Hari Terakhir MIWF 2018Aksi Bersih Sampah Laut di Hari Terakhir MIWF 2018 Foto: Ibnu Munsir/ detikHOT


"Kita harap semua tenant yang hadir juga peduli sama kebersihan, khususnya penggunaan botol plastik," paparnya.

Makassar International Writers Festival (MIWF) yang kedelapan digelar pada 2 - 5 Mei 2018 di Fort Rotterdam dan sejumlah kampus serta lokasi lainnya di Makassar.



Mengambil tema utama Voice/Noise, MIWF tahun ini mengedepankan sejumlah topik penting yang relevan dengan kondisi saat ini, baik di Makassar, Indonesia maupun dalam konteks global: 20 tahun Reformasi Indonesia, Pilkada Serentak 2018, dan persiapan menuju Pilpres 2019.

Tiga kondisi ini yang membuat masyarakat kembali menyaksikan kegaduhan politik, banjir informasi, dan berita terkait pemilihan umum. Serta tumbuhnya kerjasama-kerjasama antar-komunitas di dunia untuk merespons berbagai fenomena kemasyarakatan dan semakin maraknya kolaborasi sastra dan kebudayaan lintas-negara yang digerakkan secara mandiri oleh warga global.



(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed