DetikHot

book

Sapardi Djoko Damono hingga Pidi Baiq Raih Anugerah Buku ASEAN

Rabu, 02 Mei 2018 13:20 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sapardi Djoko Damono hingga Pidi Baiq Raih Anugerah Buku ASEAN Sapardi Djoko Damono hingga Pidi Baiq Raih Anugerah Buku ASEAN Foto: Istimewa
Jakarta - Penyair Sapardi Djoko Damono, Pidi Baiq, dan Andrea Hirata berhasil mendapatkan Anugerah Buku ASEAN 2018. Ketiganya mengharumkan nama bangsa di ajang Kuala Lumpur International Book Fair (KLIBF) 2018.

Tiga karya penulis Indonesia yakni 'Hujan Bulan Juni' karya Sapardi Djoko Damono, novel 'Dilan' Pidi Baiq, dan 'Sang Pemimpi' karya Andrea Hirata. Penghargaan yang diberikan oleh Ketua Yayasan Pembangunan Buku Negara di Hotel Seri Pasific, Kuala Lumpur pada Senin (30/4) lalu.



Penghargaan yang diberikan oleh Ketua Yayasan Pembangunan Buku Negara. Kehadiran Sapardi di ajang Kuala Lumpur International Book Fair 2018 disambut hangat publik Malaysia dan Indonesia. Ia hadir dalam sesi diskusi, bincang-bincang, pembacaan puisi sampai sesi tanda tandangan karya.

Dalam salah satu diskusi, Sapardi mengupas beragam hal termasuk potensi sastra Indonesia di pasar Malaysia. Serta kesempatan sastrawan Indonesia untuk go internasional.

"Karya sastra yang baik akan dibaca oleh banyak orang dan dalam berbagai bahasa. Bukan hanya dibaca pada zaman ketika buku itu ditulis. Dan Sastra yang bagus adalah yang bisa dibaca oleh siapapun dan di masa kapanpun," katanya dalam keterangan yang diterima detikHOT.

Di akhir talkshow, Sapardi memberikan saran agar pengunjung membaca buku sebanyak-banyaknya. "Membaca buku adalah kekayaan yang dimiliki seseorang," katanya lagi.

KLIBF masih berlangsung sampai 6 Mei mendatang di Putra World Trade Center. Bersama Arab Saudi dan Kedah, Indonesia menjadi negara tamu kehormatan serta mendapatkan highlight khusus di pameran buku bertaraf internasional tersebut.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed