R.L Stine: Saya Menulis 330 Buku Tapi Tak Ada Satu Buku Berasal dari Hati Saya

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 03 Apr 2018 12:46 WIB
R.L Stine: Saya Menulis 330 Buku Tapi Tak Ada Satu Buku Berasal dari Hati Saya Foto: Getty Images
Jakarta - Penulis 'Goosebumps' R.L Stine membuat pernyataan mengejutkan dalam sebuah video wawancara. Dia mengungkapkan keluh kesahnya selama menjadi penulis seri 'Goosebumps' bahkan mengakui buku-buku tersebut bukan berasal dari hatinya.

Dilansir dari EW, Selasa (3/4), disebutkan cara menggarap sebuah novel menurutnya bukan berasal dari ide tapi judul yang bagus.

"Menulis itu bukan hal yang menakutkan, itu bisa saja menyenangkan. Ini semua tentang cara menakut-nakuti bagaimana cara mendapatkan ide dan bagaimana cara memblokir penulis yang khawatir akan hal tersebut," ungkapnya.



Sepanjang kariernya, dia telah menulis ratusan buku untuk pembaca muda. Namun tidak ada satu pun yang berdasarkan pengalaman hidupnya sendiri. Buku-buku 'Goosebumps' pun menjadi hits di masanya dan masih dibaca sampai sekarang.

"Saya telah menulis 330 buku, tapi saya akui tidak ada satu pun buku yang berasal dari hati saya. Tidak ada satu pun. Mereka semua ditulis untuk pembaca, mereka ditulis untuk menghibur. Itu satu hal yang ingin saya sampaikan," tuturnya.

"Saya selalu benci ketika orang pergi ke sekolah dan mereka berbicara dengan anak-anak tentang menulis. Mereka lalu berkata, 'tulis apapun yang Anda ketahui, tulis hasrat Anda, tulis dari hati'. Tapi itu tidak akan membuat anak-anak menulis. Yang ingin saya katakan adalah menulis itu kerja keras. Kalau bukan, jangan dengarkan mereka," kata R.L Stine.



Meski dia kerap mengajarkan menulis dan mengadakan workshop kepenulisan, namun R.L Stine mengaku hal tersebut tidak diperlukan.

"Menulis itu adalah masalah menyalurkannya dan mengaturnya di kepala Anda," tukas dia.


(tia/doc)