DetikHot

book

Novel Ketiga dari Trilogi 'Hujan Bulan Juni' Resmi Terbit

Jumat, 16 Mar 2018 17:22 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Novel Ketiga dari Trilogi Hujan Bulan Juni Resmi Terbit Sapardi Djoko Damono. Foto: Tia Agnes / detikHOT
Jakarta - Masih ingat dengan puisi 'Hujan Bulan Juni' (1989) karya Sapardi Djoko Damono yang melekat di pembaca puisi Indonesia? Pertengahan Maret ini, Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) menerbitkan novel ketiga dari trilogi 'Hujan Bulan Juni' di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Novel 'Hujan Bulan Juni' pertama kali rilis pada Juni 2015. Dua tahun berselang, novel kelanjutannya yang berjudul 'Pingkan Melipat Jarak' terbit. Kelanjutan kisah cinta antara Sarwono dan Pingkan pun berlanjut di trilogi yang kini diberi judul 'Yang Fana Adalah Waktu'.

Sebagai pelengkap novel, puisi-puisi Sarwono kepada Pingkan pun diterbitkan pihak GPU. Ketika peluncuran novel, Sapardi Djoko Damono menceritakan kalau karakter-karakter dalam novelnya nakal.

"Kok tokoh-tokoh novel ini ngeyel ya, minta bikin puisi juga. Sarwono si sontoloyo ini nuntut terbitin buku puisi," ujar Sapardi berseloroh di hadapan puluhan pembaca setianya di Auditorium Perpustakaan Nasional Indonesia, kawasan Jakarta Pusat, Jumat (16/3/2018).

Novel Ketiga dari Trilogi 'Hujan Bulan Juni' Resmi TerbitFoto: Gramedia Pustaka Utama


Dalam novel 'Yang Fana Adalah Waktu', memang ada 42 sajak Pingkan yang ditulis Sarwono. "Saya tuh bantu menuliskannya saja. Saya ndak tahu. Sarwono lagi di Solo, pesawatnya nyasar di Solo," tambah Sapardi sembari tertawa.

Sebelumnya lewat frasa 'Hujan Bulan Juni', puisinya pernah beberapa kali dialih wahanakan menjadi bentuk lain. Di tahun 1989 menjadi lagu untuk mengakrabkan di kalangan remaja sekolah, cergam di tahun 2013, novel di 2015, buku mewarnai pada April 2016, sampai dalam bentuk film yang baru saja tayang pada November 2017 lalu.

Novel trilogi 'Hujan Bulan Juni' ini menceritakan tentang hubungan manusia yang diwarnai perbedaan budaya dan agama. Kedua tokoh ini menyiasati lingkungan sosial tersebut hingga kisah mereka memberi makna lebih dari kasih sayang.

"Kami sebagai penerbit berharap kisah Pingkan dan Sarwono dalam trilogi 'Hujan Bulan Juni' dapat dinikmati oleh generasi pembaca di masa depan," tutup General Manager Gramedia Pustaka Utama Siti Gretiani.

[Gambas:Video 20detik]




(tia/srs)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed