DetikHot

book

Gambar di Komik 'Coro Coro' Mirip Jenghis Khan, Pihak Penerbit Minta Maaf

Jumat, 02 Mar 2018 15:58 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Gambar di Komik Coro Coro Mirip Jenghis Khan, Pihak Penerbit Minta Maaf Gambar di Komik 'Coro Coro' Mirip Jenghis Khan, Pihak Penerbit Minta Maaf Foto: Istimewa
Jakarta - Staf editorial Penerbit Coro Coro Comics mengeluarkan pemintaan maaf kepada publik. Salah satu gambar di halaman komik edisi Maret dianggap mirip dengan Kekaisaran Mongol Jenghis Khan.

Setelah penerbitan komiknya, penduduk Mongolia yang ada di Jepang dan Kedutaan Besar Mongolia di Tokyo mengeluarkan protes publik. Dalam gambar tersebut, dahi Genghis Khan digambari oleh sesuatu namun lebih terlihat seperti gambar alat kelamin pria.

Banyak netizen yang memandang gambarnya tidak sesuai dan menyinggung. Jenghis Khan dipandang sebagai pahlawan yang dihormati di kalangan orang Mongolia dan dia adalah simbol identitas nasional.



Staf penerbit Coro Coro Comics pun melakukan permintaan maaf di situs resmi majalah kepada para pembaca.

"Atas nama Shogakukan Inc., kami menyampaikan permintaan maaf kami yang tulus atas penggunaan ekspresi yang tidak tepat mengenai Jenghis Khan dalam komik Yarisugi!!! Kami menyadari bahwa ungkapan tentang pendiri Kekaisaran Mongol tidak menghormati dan menyinggung orang-orang Mongolia," tulis pihak penerbit Coro Coro Comics.

"Kami bersyukur bahwa masalah ini sangat diperhatikan dan dengan rendah hati meminta maaf pada Anda. Ke depan, kita akan melanjutkan pengetahuan kita tentang sejarah dan budaya negara Anda. Terima kasih atas kesadaran dan pengertian Anda," tulis keterangan Coro Coro Comics lagi.


(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed