DetikHot

book

Novelis '13 Reasons Why' Dikeluarkan dari Organisasi karena Kasus Pelecehan

Rabu, 14 Feb 2018 18:22 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Novelis 13 Reasons Why Dikeluarkan dari Organisasi karena Kasus Pelecehan Novelis '13 Reasons Why' Dikeluarkan dari Organisasi karena Kasus Pelecehan Foto: Istimewa
Jakarta - Penulis novel '13 Reasons Why' yang karyanya diadaptasi ke serial televisi oleh stasiun Netflix terlibat kasus pelecehan seksual. Jay Asher diam-diam dikeluarkan dari organisasi kepenulisan yang bernama Society of Children's Book Writers and Illustrator tahun lalu.

Organisasi tersebut menyebut, Asher melanggar pelanggaran kode etik profesi. Kabar tersebut mencuat setelah artikel dari perpustakaan sekolah terbit tentang kasus pelecehan seksual dalam penerbitan anak-anak.

Penulis sekaligus Direktur Eksekutif SCBWI, Lin Oliver, membenarkan keputusan tersebut.



"Organisasi hanya bisa mengambil tindakan atas apa yang telah dilaporkan. Dua pria telah dilaporkan David Diaz dan Jay Asher. Keduanya dikeluarkan karena terlibat kasus pelecehan seksual," ungkapnya dilansir dari EW, seperti dikutip detikHOT, Rabu (14/2/2018).

Dalam artikel yang diterbitkan oleh jurnal sekolah disebutkan tuduhan pelanggaran yang dilakukan oleh ilustrator David Diaz. Selama akhir pekan muncul beragam asumsi di bagian komentar artikel dan menyebutkan nama Jay Asher.

Dia diduga terlibat kasus pelecehan seksual dan bersama nama-nama penulis lainnya. Meski begitu, Asher menyangkal telah dikeluarkan dari SCBWI.

"Saya mengerti keadaan yang organisasi alami. Mereka tidak memutuskan untuk mendorong saya keluar. Itu adalah keputusan saya (keluar)," pungkasnya.


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed