DetikHot

book

Adaptasi dari Film Ismail Basbeth, Novel 'Mobil Bekas' Lebih Lengkap

Kamis, 09 Nov 2017 11:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Adaptasi dari Film Ismail Basbeth, Novel Mobil Bekas Lebih Lengkap Adaptasi dari Film Ismail Basbeth, Novel 'Mobil Bekas' Lebih Lengkap Foto: Ismail/ detikHOT
Jakarta - Bernard Batubara atau akrab disapa Benzbara segera menerbitkan novel baru yang diadaptasi dari film Ismail Basbeth. Buku tersebut diberi judul 'Mobil Bekas dan Kisah-kisah dalam Putaran'.

Kepada detikHOT, Benzbara menceritakan novelnya merupakan adaptasi luwes dari versi film. Mengapa disebutkan kata 'luwes'?

"Karena ada beberapa perbedaan antara novel dan filmnya. Ada plot, karakter, dan adegan-adegan yang tidak ada di dalam filmnya tapi aku bikin di novelnya untuk kepentingan cerita," kata Benzbara, belum lama ini.



Menurutnya, premis antara film dan novelnya merupakan situasi permasalahan Indonesia sejak masa kemerdekaan sampai sekarang ini. Permasalahan tersebut dilihat dari aspek politik, seni budaya, sosial, hukum, dan sejarah.

"Saya menampilkan banyak masalah itu dalam adegan-adegan yang simbolis, lewat tokoh-tokoh dengan kehidupan absurd," tutur penulis 'Elegi Rinaldo'.

Kata 'mobil bekas' pun menjadi metafora yang tepat bagi karakter-karakter di dalam novel. "Mobil bekas jadi saksi hidup mereka," pungkasnya.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed