detikHot

book

Margaret Atwood Juga Kritik Donald Trump di Frankfurt Book Fair 2017

Senin, 16 Okt 2017 11:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Margaret Atwood Juga Kritik Donald Trump di Frankfurt Book Fair 2017 Foto: Getty Images Margaret Atwood Juga Kritik Donald Trump di Frankfurt Book Fair 2017 Foto: Getty Images
Jakarta - Di ajang Frankfurt Book Fair 2017, Margaret Atwood menerima Hadiah Perdamaian atas karya-karya yang diterbitkannya. Penulis asal Kanada itu juga dikenal sebagai aktivis atas segala kebijakan yang terjadi di negaranya.

Sebelum menerima penghargaan, saat konferensi pers bersama awak media, Atwood juga mengkritisi kebijakan pemimpin yang ada di negaranya tersebut. Terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat dikritisi sejumlah pihak.

"Menggunakan media sosial untuk memperjelas lawan, anggota parlemen di pemerintahannya berusaha membatasi hak reproduksi perempuan. Rasanya hal tersebut paling dekat dengan tahun 1930-an seperti novel dystopia saya," ujar Margaret Atwood dilansir dari Reuters, Senin (16/10/2017).



Penulis yang kini berusia 77 tahun itu juga mengatakan rezim fasis bertengger di Amerika Serikat saat ini. "Kami (Amerika Serikat) tampil sejajar dengan rezim fasis dan komunis, yang kemudian menguasai bagian-bagian negara Eropa," kata Atwood disambut gelak tawa.

Bahkan dia menegaskan seri televisi 'The Handmaid's Tale' yang diadaptasi dari novelnya tersebut lebih dekat dengan era kekinian. Padahal novel tersebut diterbitkan tahun 1986.

"Buku ini telah lolos dari sesi sampul, seri televisinya pun mendapatkan Emmy Award. 'The Handmaid's Tale' bukan sekadar sebuah pertunjukan, tapi dystopia dari masa yang akan datang yang hancur lebur," pungkas Atwood.


(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Frankfurt Book Fair 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com