Penulis Dunia di Majalah Playboy

Peraih Nobel Sastra Gabriel Garcia Marquez Juga Pernah Menulis di Playboy

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 29 Sep 2017 15:25 WIB
Peraih Nobel Sastra Gabriel Garcia Marquez Juga Pernah Menulis di Playboy Foto: LA Times
Jakarta - Kepergian pendiri Majalah Playboy membuka satu per satu sejarah industri penerbitan tersebut. Salah satunya adalah sastrawan kenamaan dunia yang pernah menulis di salah satu kolom sastra di Playboy.

Dari salah satu daftar penulis yang dirangkum BBC, seperti dilansir detikHOT, ada nama Gabriel Garcia Marquez. Novelis, aktivis politik sekaligus penulis terbesar di abad ke-20 asal Kolombia itu berhasil memenangkan penghargaan Nobel untuk Kesusastraan di tahun 1982.



Lewat novel yang berjudul 'Cien anos de soledad (1967; One Hundred Years of Solitude)', dia memenangkan penghargaan. Namanya merupakan penulis Amerika Latin keempat yang memenangkan penghargaan setelah Gabriela Mistral, Pablo Neruda, dan Miguel Angel Asturias.

Di Majalah Playboy sendiri dia menulis 'The Handsomest Drowned Man in the World'. Ceritanya terbit pada 1968 silam dan menceritakan tentang sebuah desa nelayan kecil di Amerika Selatan yang memecahkan misteri mayat.

Majalah Playboy menerbitkan hampir enam judul untuk tulisan-tulisan peraih Nobel Sastra tersebut. Selain nama Gabriel Garcia Marquez, masih ada sastrawan lainnya yang juga menulis di Playboy yakni Roald Dahl, Jack Kerouac, Margaret Atwood, Urusla Le Guin sampai Ian Fleming.

(tia/nu2)