DetikHot

book

Novel 'Cahaya di Tirai Sakura' Terbit

Jumat, 29 Sep 2017 13:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Novel Cahaya di Tirai Sakura Terbit Novel 'Cahaya di Tirai Sakura' Terbit Foto: Gramedia Pustaka Utama
Jakarta - Riza Perdana Kusuma menerbitkan novel berjudul 'Cahaya di Tirai Sakura' kemarin. Buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama itu menceritakan pengalamannya saat tinggal di negara Jepang selama beberapa tahun.

Riza yang awalnya memimpin kantor cabang Garuda Indonesia di Nagoya itu diharuskan membuka kembali rute penerbangan dari Indonesia ke kota tersebut setelah ditutup dua kali. Tak hanya memiliki tugas sebagai general manager namun dia juga harus memiliki hubungan sosial antara dua negara.

"Ada ketakutan-ketakutan yang memenuhi pikiran saya sebelum berangkat tugas ke Jepang. Termasuk bayangan serta cerita kurang menyenangkan tentang Jepang yang pernah saya dengar," ujar Riza dalam keterangan yang diterima, Jumat (29/9/2017).



Salah satunya adalah minum wine atau sake demi melancarkan bisnis. Dia merasa budaya tersebut bertentangan dengan prinsip dalam dirinya sebagai seorang pria Jawa yang sejak kecil telah dididik dengan nilai-nilai keislaman.

"Ternyata setelah tinggal selama dua setengah tahun di Jepang, ketakutan-ketakutan saya itu tidak terbukti. Justru semakin banyak hal yang saya pelajari, mulai dari kedisiplinan, cara kerja, hingga budaya yang dipertahankan oleh masyarakat Jepang," tambahnya.

Di novel ini Riza menggabungkan antara cerita culture shock, cross culture management, dan pelajaran menarik terkait marketing, sales skill, negotiation skill, leadership, self development, creative idea exploration & self starter.

"Melalui novel ini, saya ingin mengajak pembaca untuk selalu berperan positif dan aktif dalam berbagi manfaat pada sesama dalam kondisi apapun," pungkasnya.




(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed