DetikHot

book

Bekraf Siapkan Stan Khusus Bagi Penerbit Indie

Jumat, 18 Ags 2017 19:19 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Bekraf Siapkan Stan Khusus Bagi Penerbit Indie Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Kabar bahagia bagi penerbit independen yang ada di Tanah Air. Untuk pertama kalinya Indonesia International Book Fair (IIBF) 2017 lewat Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf menyiapkan stan khusus bagi penerbit indie yang makin berkembang.

Stan seluas 147 meter persegi itu akan diisi oleh 14 penerbit indie yang berhasil terpilih oleh tim kurasi. Pendaftaran bagi penerbit indie tersebut akan dibuka dalam waktu dekat.


Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Rosidayati Rozalina saat temu media mengatakan penerbit indie akan difasilitasi oleh Bekraf. "Nantinya akan ada sistem open call di Bekraf Corner yang akan dikurasi. Yang terpolih akan memboyong buku-buku hasil terbitannya," katanya di Paviliun Indonesia Senayan City Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Menurutnya, sampai sekarang ada banyak penerbit indie yang mulai berjamuran. Karya-karya yang diterbitkan penulis muda pun tak kalah bagus dari penerbit pada umumnya. Bahkan beberapa di antaranya justru meraih penghargaan.

Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Pesik, mengatakan konten yang diseleksi dari penerbit indie yang ingin masuk di Bekraf Corner ada satu hal yang terpenting. "Apakah ada peluang untuk dijual secara internasional. Itu yang penting, karena di sini kita tidak hanya menjual buku tapi juga rights," pungkasnya.

IIBF 2017 sendiri akan digelar di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta pada 6-10 September mendatang. IIBF merupakan pameran buku tahunan yang berlangsung di Indonesia sejak tahun 1980 silam. Namun baru di tahun 2014 eksibisi buku ini menambahkan kata 'internasional' di dalamnya dan makin mengukuhkan namanya di jagat pameran buku internasional.


(tia/mah)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed