Andrea Hirata Rilis Novel di detikHOT

Novel 'Sirkus Pohon' Andrea Hirata akan Jadi Trilogi

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 16 Agu 2017 11:10 WIB
Novel 'Sirkus Pohon' Andrea Hirata akan Jadi Trilogi Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Andrea Hirata baru saja meluncurkan novel baru yang berjudul 'Sirkus Pohon' di detikHOT kemarin. Sejak masih proses penggarapan, novel tersebut sudah direncanakan menjadi trilogi.

Hal tersebut diungkapkan Andrea saat menyambangi kantor detikHOT, belum lama ini.

"Ini buku pertama dari rencana tiga buku dan dua bukunya yang berikutnya sudah selesai," tutur Andrea Hirata.

Selama setahun yang lalu, Andrea sudah menuliskan langsung tiga buku. Dia pun mengakui bukunya akan lebih tebal dari novel 'Sirkus Pohon'.



"Saat itu saya tidak bisa berhenti menuliskan karena terlalu banyak ide dan jadinya direncanakan mau jadi trilogi," kata Andrea.

Intip video 20detik di sini:



Judulnya pun akan tetap 'Sirkus Pohon' namun Andrea menegaskan nantinya bakal ada subjudul. Sub-sub tersebut yang akan menjadi angle tersendiri yang akan diceritakan.

"Ada banyak keingintahuan dan kreativitas saya. Saya juga ingin menguji diri saya sendiri sampai batas mana saya mampu menulis. Writing is definding yourself dan semuanya terartikulasi dalam tulisan itu," terangnya.

"Mudah-mudahan buku pertamanya cukup ludes," pungkas Andrea.

Novel 'Sirkus Pohon' menceritakan kisah hidup seorang tokoh bernama Hobri. Dia adalah seorang pengangguran yang akhirnya menemukan semangat untuk bekerja demi seseorang yang sangat ia cintai. Hobri bekerja sebagai badut di sebuah sirkus kelililng. Pekerjaan tetap pertama Hobri tersebut tidak selalu berjalan lancar, banyak konflik dan kesialan yang ia temui.

Bagaimana bocoran mengenai rencana trilogi Andrea Hirata? Simak artikel berikutnya!

(tia/doc)