DetikHot

book

Libur Panjang, Saatnya Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf Jakarta 2017

Sabtu, 22 Apr 2017 11:58 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Libur Panjang, Saatnya Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf Jakarta 2017 Foto: Tia Agnes Astuti/detikHOT
Jakarta - Libur panjang kembali hadir akhir pekan ini. Tak ada salahnya menghabiskan waktu dengan belanja buku murah di bazar terbesar se-Asia Tenggara, The Big Bad Wolf Sale 2017. Pameran buku yang didiskon di atas 60 persen itu baru saja resmi dibuka untuk umum kemarin.

Hadir kedua kalinya di Indonesia, nama Big Bad Wolf diambil dari cerita dongeng tentang serigala jahat. Dikisahkan serigala mampu menerkam gadis cilik berkerudung merah.

"Serigala di dunia penerbitan biasanya memangkas buku-buku yang sudah ada di luar sana. Serigala memangkas harga mahal jadi murah meriah," tutur penyelenggara PT Jaya Ritel Indonesia, Uli Silalahi, belum lama ini.

Bagi yang ingin segera berburu buku murah, sebaiknya simak dulu tips dan trik dari detikHOT agar belanja lebih nyaman.

Persiapkan Diri!

Libur Panjang, Saatnya Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf Jakarta 2017Foto: Tia Agnes

The Big Bad Wolf Book Sale 2017 digelar selama 12 hari dari 21 April-2 Mei selama 280 jam non stop. Pilih waktu yang diinginkan dan jaga stamina. Buat apa ke ICE BSD dini hari supaya sepi tapi stamina tidak stabil. Keliling empat hall (hall 7-10) akan sia-sia saja.

Untuk pakaian, lebih baik mengenakan baju yang nyaman, seperti kaos atau yang berbahan menyerap keringat. Serta kenakan sneakers atau sendal. Ketiga, jika ingin membeli banyak buku lebih baik bawa troli sendiri atau bawa koper sebanyak-banyaknya.

Kenyang Dulu, Baru Borong Buku

Libur Panjang, Saatnya Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf Jakarta 2017Foto: Tia Agnes

Persoalan perut menjadi hal terpenting sebelum berburu buku murah. Lebih baik makan terlebih dahulu sebelum memasuki Hall 7-10 ICE BSD City. Di hall 7 memang tersedia food truck, dari Nasi Campur Bali hingga Kebab tersedia. Namun, pengunjung membutuhkan waktu untuk membeli makan di sana sampai 1 jam lamanya.

Seperti yang dialami detikHOT, saat preview pada Kamis (20/4) lalu. Pengunjung harus memesan makanan di food truck, dapat struk lalu membayarnya ke kasir. Ada 3 kasir di sana, namun antrean membayarnya bisa sampai 30-40 menit. Jika sudah dibayar, kembali antre untuk mengambil makanan. Selain itu, bawa air putih sebanyak-banyaknya agar tidak dehidrasi ketika berkeliling.

Incar Buku Favorit, Lalu Keliling

Libur Panjang, Saatnya Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf Jakarta 2017Foto: Tia Agnes

Sebelum datang ke Big Bad Wolf Jakarta 2017, sebaiknya sudah mulai membuat daftar bacaan atau buku yang akan dibeli. Beberapa daftar buku sudah tercantum di situs resmi Big Bad Wolf. Selesai mengincar buku favorit, segera keliling sampai 3 hall.

Ingat setiap blok dari daftar bacaan. Dari pintu masuk, sepanjang sisi kanan, ada sederet buku berbahasa Indonesia. Dilanjutkan di tengah terdapat buku-buku non fiksi. Sisi kiri hall, ada buku anak yang menempati hampir 50 % dari keseluruhan lokasi dari BBW 2017. Untuk mengelilingi semua buku dengan detil, butuh waktu sekitar 2-3 jam lamanya.

Siap Antre Panjang?

Libur Panjang, Saatnya Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf Jakarta 2017Foto: Tia Agnes

Setelah memborong buku, saatnya membayar. Kasir dan pintu keluar terdapat di Hall 10. Jangan bosan menunggu sampai emosi menunggu lama, sistem kasir di BBW 2017 sudah lebih baik dari preview pada Kamis (20/4) lalu. Setelah membayar, siapkan uang untuk membeli pin-pin yang lucu.

Oh iya, jangan lupa untuk memperlihatkan struk di bagian pintu keluar ya. Karena petugas akan memeriksa dan men-stempel struk tersebut.

So, bagaimana siap berburu buku murah di Big Bad Wolf 2017?
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed