DetikHot

book

Buku Memoar Ahli Bedah Saraf Perebutkan Hadiah Rp 488 Juta

Rabu, 15 Mar 2017 13:29 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Buku Memoar Ahli Bedah Saraf Perebutkan Hadiah Rp 488 Juta Foto: Istimewa
Jakarta - Buku memoar ahli bedah saraf bernama Paul Kalanithi yang ditulis pada 2015 sebelum kematiannya, kini terpilih dalam penghargaan Wellcome Book Prize. Buku yang membuat miliarder Microsoft Bill Gates itu menangis memperebutkan hadiah senilai Rp 488 juta.

Dilansir dari BBC, Rabu (15/3/2017), buku berjudul 'When Breath Becomes Air' itu menceritakan perjalanan hidup sang dokter yang meninggal dunia karena kanker paru-paru. Dia mengungkapkan mengenai penurunan kesehatan dan penyakitnya.

Bill Gates yang membacanya beberapa waktu lalu sempat mem-posting di blog pribadi. "Ini adalah cerita non-fiksi terbaik yang pernah saya baca dalam waktu lama," tuturnya.

Memoar Kalanithi ini merupakan kronik perjalanannya yang bermula dari mahasiswa kedokteran hingga menjadi ahli bedah saraf, pasien, dan ayah sebelum akhirnya dia meninggal dunia.

Tim dewan juri penghargaan Wellcome Book Prize mempertimbangkan karya tersebut karena beberapa alasan. Bukunya dinilai sebagai buku anumerta pertama yang berhasil lolos seleksi, dan buku non-fiksi kedua yang dinilai memenuhi syarat.

Selain itu, masih ada lima buku lainnya yang masuk dalam nominasi. Di antaranya adalah 'The Tidal Zone' oleh Sarah Moss, David France 'How to Survive a Plague', Siddhartha Mukherjee 'The Gene', 'I Contain Multitudes' oleh Ed Yong, dan 'Men the Living' karya Maylis de Kerangal.

Pengumuman para pemenang akan diumumkan pada 24 April mendatang.



(tia/doc)
Photo Gallery
1
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed