Puisi Anne Frank Dilelang Rp 2 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 24 Nov 2016 09:40 WIB
Foto: Photograph: Koen Suyk/EPA
Jakarta - Buku harian Anne Frank masih menjadi buku yang paling dicari dan dibaca oleh masyarakat dunia. Kini, puisi 12 baris yang ditulis sendiri oleh gadis yang bersembunyi dari kejaran Nazi itu dilelang dengan harga sekitar $148,000 atau Rp 2 miliar, empat kali lebih tinggi dari prediksi lelang.

Penjualan dilakukan secara online pada penawaran yang lebih tinggi. Baru dua menit dilelang di Rumah Lelang Bubb Kuyper, Belanda, sudah ada kolektor yang membelinya. Co-direktur rumah lelang, Thijs Blankevoort, mengatakan puisi Anne Frank adalah contoh langka dari tulisan Anne yang dijual.

"Selama 40 tahun terakhir, hanya empat atau lima dokumen yang ditandatangani oleh remaja tersebut," ujarnya dilansir berbagai sumber, Kamis (24/11/2016).

Puisi Anne Frank ditulis di atas selembar notebook berukuran kertas putih yang telah berubah warna karena usia. Di bagian atas terdapat penjelasan karya yang ditujukan kepada 'Dear Cri-cri' dan ditandatangani 'Dalam kenangan, dari Anne Frank'.

Anne Frank lahir di Frankfurt pada tahun 1929 silam. Empat tahun sebelum Hitler berkuasa di Jerman. Dengan munculnya Nazi, keluarganya melarikan diri ke Amsterdam, dimana ayahnya Otto mendirikan bisnis. Anne dan Margot bersekolah. Namun, keluarganya kembali terancam ketika Nazi menduduki Belanda di tahun 1940.

Di bulan Juli 1942, Margot diperintahkan untuk relokasi ke kamp kerja, memaksa keluarganya bersembunyi di sebuah ruangan rahasia di atas kantor bisnis Otto. Anne Frank diberikan kado sebuah buku yang terikat kain merah sebagai hadiah ulang tahun ke-13, sejak itu Anne rajin menulis hingga dua tahun berikutnya. Di bulan Februari 1945, Anne dan Margot meninggal dunia karena sakit tifus.

Buku harian Anne digunakan sebagai bahan ajar anak-anak sekolah di seluruh dunia tentang Holocaust. Buku aslinya pun dipamerkan di Anne Frank House di Amsterdam yang menarik sekitar 1,2 juta pengunjung setiap tahunnya.

Puisi Anne Frank tak hanya itu saja yang berhasil dilelang dengan angka tinggi, di tahun 1988 serangkaian surat antara Anne dan kakaknya Margot, serta sahabat pena Amerika dijual dengan harga $ 165,000. Di bulan Mei, edisi 1925 dari dongeng Grimm dengan nama cewek ditulis di halaman judul juga berhasil terjual dengan harga fantastis di New York.


(tia/dal)