DetikHot

berita-kpop

Rahasia Budaya Pop Korea Sukses Mengambil Alih Dunia

Jumat, 03 Nov 2017 08:21 WIB  ·   Delia Arnindita Larasati - detikHOT
Rahasia Budaya Pop Korea Sukses Mengambil Alih Dunia Foto: Getty Images
Seoul -

Budaya pop Korea kini tak lagi menjamur di negaranya sendiri. Berbagai belahan dunia kini sudah mulai terkena 'dampak' dari Korean Wave.

Mulai dari musik K-Pop hingga drama dan variety show kini mulai banyak menjadi favorit publik dunia, termasuk Indonesia. Buktinya, para idola K-Pop kerap menggelar konser secara global dengan tiket yang terjual habis dalam waktu menit.

Tak hanya itu, tak sedikit publik dunia yang tertarik pada kebudayaan Korsel lewat variety show seperti 'Running Man', atau drama-drama populer seperti 'Winter Sonata' hingga 'Legend of the Blue Sea'. Acara-acara semacam itu kemudian memicu rasa penasaran publik untuk tahu lebih dalam budaya Korea Selatan.

Ditambah lagi, para penulis dan produser dengan sengaja mempromosikan kebudayaannya lewat drama hingga variety show. Di antaranya dengan membuat penonton penasaran dengan makanan khas Korea lewat drama seperti 'Let's Eat', atau menambah minat publik untuk berwisata ke Korea Selatan lewat berbagai acara travel.

Rahasia Budaya Pop Korea Sukses Mengambil Alih DuniaFoto: SBS (Delia/detikHOT)



detikHOT mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan Kimmy Kim, penanggung jawab pemberitaan internasional stasiun TV SBS sebagai bagian dari acara Kwanhun-KPF (Korea Press Foundation) Press Fellowship 2017 yang digelar selama 28 hari di Seoul, Korea Selatan. Kimmy menyebut salah satu alasan menjamurnya budaya pop Korea Selatan di seluruh dunia adalah karena kebudayaan Korea yang sudah mulai terbuka.

"Sebelumnya, kebudayaan Korea Selatan sangat tertutup. Namun kini, kebudayaan sudah sangat terbuka. Bahkan sudah mulai menyatu dengan budaya global," ungkap Kimmy Kim pada detikHOT saat berdiskusi di kantor Korea Press Foundation yang terletak di Seoul, Korea Selatan pada Kamis (2/11).

Pihak pemerintah Korea Selatan pun ikut turun tangan dalam usaha untuk memperluas budaya Korea ke seluruh dunia. Tak lagi memperbanyak ekspor barang-barang mewah seperti mobil, pemerintah mulai mengajak publiknya untuk 'mengekspor' kebudayaan mereka ke seluruh dunia.

Rahasia Budaya Pop Korea Sukses Mengambil Alih DuniaFoto: SBS (Delia/detikHOT)



"Mengekspor kebudayaan itu sangat penting. Ekspor budaya lebih menguntungkan daripada ekspor mobil. Ketika sebuah kebudayaan sudah diekspor, maka kebudayaan tersebut akan selamanya bertahan di negara tersebut. Berbeda dengan mobil yang bisa kapan saja diganti," pungkasnya.

Kesuksesan Korea Selatan dalam menyebarkan budayanya lewat Korean Wave membuktikan bahwa peran pemerintah sangat penting. Namun, hal tersebut tak akan bisa tercapai jika masyarakat dai negara tersebut tak mencintai kebudayaan sendiri dan bekerjasama dalam penyebarannya.


(dal/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed