5 Lukisan Termahal di Dunia Sepanjang 2022

ADVERTISEMENT

5 Lukisan Termahal di Dunia Sepanjang 2022

Tia Agnes Astuti - detikHot
Sabtu, 31 Des 2022 11:05 WIB
Rekor! Karya Seni Andy Warhol Diprediksi Laku Rp 1,2 Triliun
5 Lukisan Termahal di Dunia Sepanjang 2022. (Foto: Courtesy of Sotheby's)
Jakarta -

Penghujung 2022 akhirnya tiba juga. Berada di hari terakhir tahun, rasanya sungguh melegakan meski banyak berusaha menjalani hari dengan penuh liku saat pandemi berkepanjangan.

Di industri seni, ada 5 lukisan termahal di dunia yang berhasil laku terjual di balai lelang. Berikut di antaranya:

1. Lukisan Shot Sage Blue Marilyn Rp 2,8 Triliun

Lukisan Marilyn Monroe Laku Terjual Rp 2,8 TriliunLukisan Marilyn Monroe Laku Terjual Rp 2,8 Triliun Foto: Christie's New York

Lukisan potret Marilyn Monroe karya Andy Warhol yang berjudul Shot Sage Blue Marilyn laku terjual pada Mei 2022 dengan harga Rp 2,8 triliun. Lukisan ini mengalahkan karya Warhol sebelumnya yakni Silver Cas Crash (Double Disaster) dengan harga Rp 1,5 triliun pada 2013.

2. Lukisan Lanskap Hutan Rp 1,6 Triliun

Lukisan Termahal di DuniaLukisan Termahal di Dunia Foto: Istimewa

Lukisan lanskap hutan ilusi yang dibuat oleh Gustav Klimt berhasil terjual Rp 1,6 triliun. Karya berjudul Birch Forest (1903) resmi mengalahkan karya sebelumnya yang dicapai oleh potret berjudul Adele Bloch-Bauer II (1912) yang laku Rp 1,3 triliun di New York pada 2006.

3. Lukisan Pablo Picasso Rp 1,5 Triliun

Balai lelang Sotheby's Las Vegas menjual 11 lukisan Pablo Picasso dengan total harga Rp 1,5 triliun. Salah satu karya pelukis asal Spanyol itu berjudul Femme au Baret rouge-orange atau 'Perempuan dengan topi merah-oranye'. Lukisannya terjual Rp 573 miliar dari prediksi Rp 200 miliar.

11 Lukisan Pablo Picasso Dilelang dengan Total Rp 1,5 Triliun11 Lukisan Pablo Picasso Dilelang dengan Total Rp 1,5 Triliun Foto: Denise Truscello/Courrtesy Sotheby's

Ada juga potret ikonik yang laku yakni Homme et enfant (Pria dan Anak) senilai Rp 345 miliar dan lukisan Buste d'homme atau Bust of Man dengan harga Rp 134 miliar.

4. Lukisan Death and Disasters Rp 1,3 Triliun

Lukisan yang dicap sebagai salah satu karya seniman pop Andy Warhol yang termahal laku terjual Rp 1,3 triliun di Balai Lelang Sotheby's New York. Karya ini menampilkan 19 gambar hitam-putih dari kecelakaan mobil yang fatal.

Rekor! Karya Seni Andy Warhol Diprediksi Laku Rp 1,2 TriliunRekor! Karya Seni Andy Warhol Diprediksi Laku Rp 1,3 Triliun Foto: Courtesy of Sotheby's

5. Lukisan Tengkorak Rp 1,3 Triliun

Salah satu seri lukisan tengkorak dari Jean-Michel Basquiat yang ikonik ini laku terjual Rp 1,3 triliun. Karya yang merupakan koleksi dari miliarder Yusaku Maezawa terjual pada Mei 2022.

Lukisan Termahal di DuniaLukisan Termahal di Dunia Foto: Istimewa

Rekor angka Rp 1,3 triliun yang terjual menjadi harga tertinggi ketiga yang dicapai oleh seniman neo-ekspresionis legendaris tersebut. Seri 'tengkorak' ini menjadi sorotan besar di pasar seni dan telah meningkat selama beberapa tahun terakhir.



Simak Video "Lukisan Marilyn Monroe Cetak Rekor Lelang di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT