5 Pameran Seni yang Bisa Kamu Kunjungi di Akhir 2022

ADVERTISEMENT

5 Pameran Seni yang Bisa Kamu Kunjungi di Akhir 2022

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 29 Des 2022 16:24 WIB
Peresmian artina.Sarinah di Lantai 6 Gedung Sarinah Thamrin
Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta -

Berada di pekan terakhir 2022, bagi kamu pencinta seni ada beragam acara yang bisa didatangi. Ada 5 pameran seni yang bisa kamu sambangi untuk mengisi waktu luang jelang pergantian tahun baru. Ada acara apa saja?

Berikut 5 pameran seni seperti dirangkum redaksi detikcom, di antaranya:

1. Chiharu Shiota: The Soul Trembles (Museum MACAN Jakarta)

Museum MACAN hadir secara maksimal bagi pencinta seni jelang pergantian tahun baru. Sejak perayaan Natal pada 24-25 Desember, Museum MACAN tetap buka. Nantinya, pada 31 Desember museum yang terletak di kawasan Kebon Jeruk juga buka pukul 10.00 sampai 16.00 WIB.

Pengunjung mengamati instalasi karya Chiharu Shiota yang bertajuk The Soul Trembles di Museum MACAN, Jakarta Barat, Kamis (24/11/2022). Karya Chiharu Shiota memberikan bentuk pada kesadaran manusia dan pengalaman yang bersifat non-fisik seperti ingatan, pemikiran, ketakutan, mimpi, dan keheningan.Pengunjung mengamati instalasi karya Chiharu Shiota yang bertajuk The Soul Trembles di Museum MACAN, Jakarta Barat, Kamis (24/11/2022). Karya Chiharu Shiota memberikan bentuk pada kesadaran manusia dan pengalaman yang bersifat non-fisik seperti ingatan, pemikiran, ketakutan, mimpi, dan keheningan. Foto: Andhika Prasetia/ detikcom

Pada 1 Januari 2023, Museum MACAN bakal buka pukul 12.00 hingga 18.00 WIB. Apa yang bisa dilihat di dalam museum?

Museum MACAN menghadirkan pameran seni retrospektif perupa Jepang Chiharu Shiota yang bertajuk The Soul Trembles. Eksibisi ini menampilkan 4 karya seni instalasi berukuran raksasa yang bakal memanjakan matamu.

Tiketnya dibanderol Rp 100 ribu (dewasa), Rp 90 ribu (pelajar atau lansia), dan Rp 80 ribu (anak-anak).

2. Paperworks Universality (Artsphere Gallery)

Artsphere Gallery menggelar pameran seni dengan tema Paperwork 1: Universality. Pameran yang bakal berlangsung sampai 25 Januari 2023 juga tetap buka hingga penghujung pekan. Tiket masuknya gratis.

Ruang galeri hanya akan tutup pada 31 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023.

[Gambas:Instagram]



3. Wastu/Loka/Kala (artinya.Sarinah)

Di penghujung pekan, di lantai 6 Gedung Sarinah kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, ada pameran seni kontemporer Wastu/Loka/Kala yang mengusung tema Budaya Nusantara. Ruang seni terbaru yang diselenggarakan oleh Mojisa Creative ini bakal membuatmu takjub dengan karya seni yang ditampilkan.

Tiketnya dibanderol Rp 50 orang per-orang. Pameran dibuka hingga 16 Februari 2023.

[Gambas:Instagram]



4. Pameran Tetap (Galeri Nasional Indonesia)

Galeri Nasional Indonesia menjadi salah satu ruang seni yang tetap buka di pekan terakhir 2022. Kamu bisa melihat pameran tetap koleksi Galeri Nasional Indonesia yang berada di Gedung B, lantai dua. Tidak dipungut biaya.

[Gambas:Instagram]



5. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia tetap buka di penghujung tahun. Bahkan pada 1 Januari pukul 08.00 - 16.00 WIB, Museum Nasional Indonesia mengajak pencinta seni dan keluarga untuk liburan ke sana.

Di Museum Nasional Indonesia, kamu bisa melihat ruangan imersif yang bertajuk Imersif, koleksi tetap sampai pameran seni The Truth Inside You yang berada di ruang pamer temporer. Pameran tentang Kisah Perempuan itu berlangsung hingga 15 Januari 2022.

Tiketnya dibanderol Rp 15 ribu.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Potret Malam Affandi, Pameran 32 Tahun Kematian Sang Maestro Lukis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT