ADVERTISEMENT

Patung 'Pemikir' Rodin Sukses Dilelang Rp 167 Miliar

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 05 Jul 2022 15:04 WIB
Patung The Thinker Karya Auguste Rodin
Patung The Thinker karya Auguste Rodin sukses dilelang Rp 167 miliar. Foto: REUTERS/Sarah Meyssonnier
Jakarta -

Setelah pembukaan Museum Rodin di Paris saat lockdown pandemi, patung The Thinker sukses terjual Rp 167 miliar di balai lelang Christie's. Patung karangan Auguste Rodin menjadi salah satu karya seni paling ikonik di dunia.

Rumah lelang Christie's awalnya memperkirakan akan terjual antara Rp 140 miliar sampai Rp 219 miliar. Sebelumnya patung The Thinker Rodin juga pernah terjual di balai lelang Sotheby New York dengan harga Rp 224 miliar.

Patung ini diketahui mewakili sosok penyair asal Italia abad pertengahan bernama Dante dan juga penulis Divine Comedy. Postur mencondongkan tubuh ke depan dibuat Rodin untuk mengamati lingkaran Neraka sambil merenungkan karyanya.

Patung ini awalnya dibuat di 1880 dalam ukuran sekitar 70 cm. Awalnya disebut sebagai The Poet dan dirancang untuk menjadi elemen mahkota The Gates of Hell.

The Thinker pernah dipamerkan pada 1888. Patung itu pertama kali diperbesar pada 1904, dan versi berukuran manusia itu dipajang di Museum Paris Rodin.

Januari 2021, saat negara-negara masih ditutup karena lockdown Prancis membuka taman di Museum Rodin. Taman itu memajang berbagai karya dari Auguste Rodin.

Sebelumnya, Museum Rodin di Paris diketahui dibuka pada 1919 khusus didedikasikan bagi karya-karya pemahat Auguste Rodin. Museum ini terdiri dari dua situs yakni di Hôtel Biron dan pekarangan sekitarnya di pusat kota Paris, serta di rumah lama Rodin yang berlokasi di kota Meudon.

Koleksinya meliputi 6.600 patung, 8.000 gambar, 8.000 foto-foto lama, dan 7.000 benda seni.

Setiap tahun, museumnya dikunjungi lebih dari 700 ribu pengunjung dari seluruh dunia.

Koleksi permanen mencakup karya-karya kenamaan Rodin seperti The Thinker dan karya muridnya Camille Claudel.



Simak Video "Potret Lesti Kejora dengan Penyangga di Leher"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT