10 Desainer Bikin Gelaran Ini untuk Melestarikan Wastra Indonesia

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Selasa, 25 Jan 2022 17:02 WIB
desainer
Foto: ist.
Jakarta -

Saat ini melestarikan yang benar-benar budaya Indonesia memang harus terus diciptakan. Salah satu yang harus dilestarikan adalah Wastra Indonesia.

Gelaran The Modest Heritage of Indonesia pun akhirnya digelar oleh Pelangi Wastra Indonesia. Sepuluh anggotanya sampai saat ini konsisten dalam melestarikan Wastra Indonesia ini.

Acara yang digelar di Goodrich Suites di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu mengusung tema Heritage of Indonesia. Beberapa tamu penting hadir dalam acara tersebut.

Salah satunya Sri Suprani Bahlil, istri dari Menteri Investasi Indonesia yang merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Model Bahlil Lahadalia. Acara itu dipimpin desainer, Leny Rafael.

"Pandemi COVID-19 berdampak pada semua sektor, bukan pada sektor ekonomi saja, hampir semua sektor mengalami keterpurukan. Tapi tidak serta merta kita menjadi stag. Kegiatan ini membuktikan bahwa kita turut andil membantu pemerintah menumbuhkan perekonomian dari segi produk-produk kreatif," ujar Sri Suprani Bahlil.

"Sebagai pecinta wastra nusantara, saya turut bangga atas digelarnya acara Heritage of Indonesia yang menjadi salah satu cara kita untuk merawat warisan budaya kita. Dengan wastra, kita dapat memahami betapa kayanya kebudayaan kita," sambungnya lagi.

Leny Rafael memberikan ucapan terima kasih dan rasa bangganya terhadap semua pihak yang sudah memberikan dukungan dengan gelaran acara ini.

"Pelangi Wastra Indonesia, akan terus memperkenalkan kreasi busana etnik Indonesia ke mancanegara agar Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi kiblat fashion di dunia," katanya.

"Kami yang peduli dengan pelestarian dan pengembangan wastra Indonesia mencoba, menghadirkan kreasi-kreasi berbasis adat ini agar wastra Indonesia diterima oleh masyarakat dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia dan disukai masyarakat global," tuturnya lagi.

Ada 10 desainer yang hadir dalam acara ini. Mereka adalah Gita Orlin, Dwi Lestari Kartika, Lala Gozali, Putri Permana, Leny Rafael, Fia Prasetyadi, Riris Ghofir, Adelina, Ning Santoso dan Nydhi Citra Asara.

Mereka pun memberikan persembahan terbaiknya dalam gelaran acara ini. Salah satu yang dipersembahkan oleh Riris Ghofir adalah tenun dari Gresik.



Simak Video "Desainer Cilik Asal Bekasi, Karyanya Menembus Rusia Hingga Lebanon"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/dal)