ADVERTISEMENT

Baru Diresmikan, Patung Ronaldo di India Tuai Kontroversi

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 30 Des 2021 16:20 WIB
Patung Christiano Ronaldo di India
Patung sosok Christiano Ronaldo di India menuai kontroversi. Foto: Istimewa
Jakarta -

Nama pesepakbola Cristiano Ronaldo menjadi pembicaraan hangat belakangan ini. Sebuah patung yang menggambarkan sosok Ronaldo tersebut yang berada di pantai barat daya India, menuai kontroversi.

Patung Ronaldo baru saja diresmikan awal pekan ini. Tujuan pembuatannya sebenarnya untuk menginspirasi pesepakbola India dan anak-anak agar gemar bermain bola.

Namun ternyata tujuannya itu tidak sejalan. Masyarakat India menganggap seharusnya patung Ronaldo tidak berada di negara tersebut.

Sebagian besar memprotes bintang Manchester United tersebut dan mendesak pemerintah agar menggantinya.

"Ada banyak pesepakbola hebat dari Calangute seperti Bruno Coutinho atau Yolanda D'Souza yang membawa kemenangan bagi India di tingkat internasional," kata Presiden Forum konstituen Calangute, Premanand Divkar.

Mereka heran mengapa sosok Ronaldo yang dipilih untuk dipasang di kota tersebut.

"Mengapa harus Ronaldo yang dipasang? Mengapa patung pesepakbola yang dipasang? Padahal ada banyak pesepakbola dari Goa yang mengharumkan nama India," katanya.

Kepala Menteri Goa, Michael Lobo bersikeras pembangunan patung Ronaldo untuk menginspirasi anak muda.

"Kami membangunnya atas permintaan generasi muda di Goa agar memasang patung Cristiano Ronaldo di taman. Kami ingin membawa sepakbola India ke tingkat yang lebih tinggi lagi," katanya.

Patung yang menampilkan sosok CR7 bukan pertama kalinya menuai kontroversi. Pada 2017, patung pesepakbola itu diresmikan di kota kelahirannya di Madeira namun malah mendapat ejekan karena penggambaran patung yang aneh dan tampak tidak mirip.

Patung kedua yang menampilkan Cristiano Ronaldo di India sebenarnya mirip dengan aslinya namun tetap saja menuai pro kontra. Patung itu dikabarkan menghabiskan dana sekitar Rp 193 juta.

Setelah mendapatkan kecaman, patung Ronaldo di Goa, India dikabarkan akan dipindahkan dan diganti dengan sosok pesepakbola lainnya.



Simak Video "Potret Cristiano Ronaldo Gendong Putrinya yang Baru Lahir"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT