Ini Patung Tak Kasatmata Seharga Rp 259 Juta!

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 07 Jun 2021 12:01 WIB
patung tak kasat mata
Foto: Twitter
Jakarta -

Ada beragam karya seni nyeleneh yang kerap membuat masyarakat awam geleng-geleng kepala. Salah satunya adalah karya seniman asal Italia bernama Salvatore Garau, yang dinamakan Lo Sono (Aku, dalam bahasa Italia).

Karya seni itu didaftarkan sebagai sebuah patung yang gampang dipindahkan, tak akan dinilai jelek, dan tak akan bisa dicuri karena bentuknya yang tak kasatmata atau benar-benar tak ada sama sekali.

Tak ada bentuk ataupun sesuatu dalam pajangan tersebut, karena sang seniman hanyalah memajang ruang kosong saja. Namun sang seniman berkeras itu bukanlah tak ada apa-apa seperti yang dilihat orang-orang.

"Kehampaan tak lebih dari sebuah ruangan yang penuh dengan energi, dan meskipun kita mengosongkannya hingga tak ada lagi yang tersisa di dalamnya. Berdasarkan prinsip tak pasti dari Heisenberg, ketidakadaan juga memiliki massa," tutur Salvatore Garau.

Selanjutnya ia juga menjelaskan alasannya menaruh karya seni nyentrik tersebut. Menurutnya, ruang yang dipajangkan olehnya membuat orang yang melihat untuk mengkreasikan karya seni menurut persepsinya sendiri-sendiri.



"Saat aku memutuskan memajang patung tak lazim ini di sebuah ruang kosong, ruang tersebut akan menjadi sebuah bentuk seperti apa yang berada di dalam pikiran pada titik yang presisi dan membentuk patung yang dari judulku akan menjadi beragam bentuk. Lagi pula, bukankah kita juga membentuk Tuhan yang belum pernah kita lihat?" tuturnya dilansir dari AS.com.

Karya seni miliknya itu pun tak menyalahi peraturan pada pameran tersebut, karena mereka hanya mengajukan syarat berukuran paling besar 5x5 meter.

Siapa sangka karya seni tersebut menarik minat banyak orang, bahkan laku terjual seharga USD 18,190 atau senilai Rp 259 juta. Namun tak disebutkan informasi tentang siapakah orang yang membelinya.

Lo Sono bukanlah karya seni fenomenal pertama yang dihasilkan Salvatore Garau. Sebelumnya ia sempat membuat Buddha in Contemplazione, yang pernah dipamerkan di Piazza Della Scala di Milan pada bulan lalu.



Simak Video "Demo Buruh di Patung Kuda Selesai, Massa Bubarkan Diri dengan Tertib"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)