detikHot

art

Sampul Komik Tintin yang Sindir Hitler Dilelang Capai Rp 5,6 Miliar

Jumat, 26 Jun 2020 09:38 WIB Tia Agnes - detikHot
FILE - In this May 29, 2010 file photo, a porter holds an inked and water-painted original panel from the 1938 King Ottokars Sceptre album drawn by Belgian creator Herge during the auction of rare memorabilia of Tintin, at the Drouot auctions house, in Paris. Four Paris auctioneers and dozens of auction workers are going on trial Monday March 14, 2016, accused of a vast and long-lasting scheme to steal thousands of pieces of artwork and other valuable items. (AP Photo/Thibault Camus, File) Foto: AP/Thibault Camus
Jakarta -

Kisah Tintin dan anjing pemburunya yang setia, Snowy, kembali masuk ke balai lelang internasional. Sampul yang menyindir Adolf Hitler kini dilelang mencapai angka Rp 5,6 miliar.

Dilansir dari berbagai sumber, sampul itu menampilkan Tintin yang sedang melakukan penggalian di wilayah pemimpin Nazi mencari Tongkat Raja Ottakar setelahh diambil Hitler. Saat itu Austri sudah diambil wilayahnya oleh Nazi.

Mereka berusaha untuk mengagalkan komplotan mata-mata untuk menggulingkan Raja Syldavia, negeri Balkan fiktif.

Cerita Tintin tersebut pertama kali muncul dalam surat kabar berbahasa Prancis. Di sampulnya, Tintin tersandung saat keluar dari pesawat di Praha dan mengenai janggut teman barunya, Profesor Alembick, untuk menyimbangkan dirinya.



Rumah lelang Artcurial di Prancis mengatakan lelang sampul Tintin menjadi bagian dari penjualan besar. Tadinya pelelangan dijadwalkan pada Maret tapi terkendala karena pandemi COVID-19.

Tintin menjadi komik klasik yang masih disukai sampai sekarang. Diciptakan oleh komikus asal Belgia, Herge, komiknya perdana rilis pada 10 Januari 1929.

Komik pertama tentang petualangan 'Tintin di Tanah Soviet' dengan total sebanyak 24 seri. Awalnya kisah jurnalis muda Tintin rilis pada 1929 lalu 13 Februari 1930, gambar Tintin muncul di halaman depan sampai diterbitkan sebanyak 16 halaman.



Sebelumnya, sampul gambar asli dari komik pertama pun sukses terjual senilai Rp 15,9 miliar pada Juni 2019. Sampul yang terjual ketika Tintin muda sedang duduk di tunggul pohon sambil memahat baling-baling bambu pesawatnya.

Selama ini sampul Tintin selalu berhasil dilelang dengan angka fantastis. Sebagian besar para kolektor masih mencari dan mengoleksi sampul serta halaman yang dilukis langsung oleh Herge.




Simak Video "Nostalgia Nyanyi 'I Love You Bibeh' Bareng The Changcuters"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com