detikHot

art

Sajian Akar Budaya Melayu 'Mak Jogi' Diputar Streaming

Jumat, 12 Jun 2020 14:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Pertunjukan Indonesia Kita Mak Jogi Foto: Indonesia Kita/ Istimewa
Jakarta -

Akhir pekan ini, program #NontonTeaterDiRumahAja kembali hadir lewat sajian akar budaya Melayu. Rekaman pementasan produksi Indonesia Kita yang berjudul 'Mak Jogi' diputar secara streaming pada 13-14 Juni 2020.

Lakon 'Mak Jogi (Hikayat Jenaka untuk Indonesia' menampilkan guyonan khas Indonesia terkini. Dibingkai dengan penuturan seorang tukang cerita, yang diperankan oleh Agus Nur Amal alias PM Toh, lakon ini dibuka dengan tarian Sekapur Sirih dari Deli yang khas.



'Mak Jogi' menceritakan tentang seorang penari kerajaan dari negeri Sepancungan Daun yang dipilih oleh raja menjadi anggota tim yang diutus untuk mencari Air Tujuh Muara. Atas dasar mimpi sang raja itulah, Mak Jogi dan timnya berkelana ke tempat-tempat di seluruh Nusantara. Salah satunya, mereka menyambangi Candi Dieng dan bertemu dengan penjaganya, Nyi Towok.

Pertunjukan Indonesia Kita 'Mak Jogi'Pertunjukan Indonesia Kita 'Mak Jogi' Foto: Indonesia Kita/ Istimewa



Penulis naskah dan tim kreatif Indonesia Kita, Agus Noor, menuturkan lakon ini menampilkan warisan budaya khas Melayu yakni pola bercerita hikayat.

"Cerita hikayat ini semakin jarang ditemui Melalui pantun dan syair jenaka yang ditampilkan para pemain merupakan sorotan keadaan Indonesia saat ini," ujar Agus Noor dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Agus Noor pun menambahkan, "Semoga kisah ini tidak hanya sekedar hiburan bagi penikmat seni, namun bisa membuka wawasan serta semangat baru dalam mencintai bumi pertiwi Indonesia."

Pertunjukan 'Mak Jogi' diputar secara streaming pada 13-14 Juni 2020 pukul 15.00 WIB d website dan channel YouTube IndonesiaKaya.




Simak Video "Uniknya Seni Pertunjukan Gabungan, Jakarta."
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com