detikHot

art

Mural Banksy yang Dicuri Ditemukan di Loteng Rumah Pedesaan di Italia

Jumat, 12 Jun 2020 09:43 WIB Tia Agnes - detikHot
Mural Banksy di Teater Bataclan Paris Dicuri Foto: Getty Images
Jakarta -

Pemerintah Italia akhirnya mengumumkan kabar mengenai penyelidikan karya seni Banksy yang dicuri tahun lalu. Mural yang dibuat untuk menghormati serangan teror di Teater Bataclan Prancis itu ditemukan di atas loteng rumah pedesaan.

Kepolisian setempat mencari karya seni Banksy dan menemukannya di sebuah rumah pedesaan di Tortoreto dekat pantai Adriatik di provinsi Teramo. Jaksa penuntut L'Aquila mengatakan muralnya tersembunyi dengan baik di loteng.

"Sampai saat ini kami masih menyelidiki bagaimana karya seni itu tiba di Italia, dan peran orang Italia yang terlibat," ungkap jaksa, dilansir dari AP, Jumat (12/6/2020).



Seorang petugas penghubung Kedutaan Besar Prancis, Mayor Christophe Cengig, mengatakan mural yang ditemukan adalah milik Prancis.

"Itu milik Bataclan, milik semua warga negara Prancis. Kami senang sekali telah memulihkan dan mengembalikannya," katanya.

Pada 2019, pejabat Prancis mengumumkan mural Banksy yang menggambarkan seseorang tengah berkabung yang dilukis di salah satu pintu keluar darurat Teater Bataclan itu dicuri. Di lokasi tersebut, ada 90 orang terbunuh pada 13 November 2015.

Saat itu, para ekstremis Islam menyerbu aula musik dan gedung pertunjukan dan menyebabkan 130 orang tewas.




Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com