detikHot

art

Pegiat Seni Tanyakan Kesiapan New Normal Agar Kembali Bekerja

Rabu, 10 Jun 2020 17:55 WIB Febrian Chandra - detikHot
Pegiat seni di Blora sambangi DPRD Blora Pegiat seni di Blora sambangi DPRD Blora Foto: Febrian Chandra
Blora -

Terdampak pandemik virus Corona (COVID - 19) pegiat seni di Kabupaten Blora datangi gedung DPRD Kabupaten Blora. Di gedung dewan, Pegiat seni tersebut diterima oleh anggota Komisi D DPRD Blora.

Seniman mulai dari Musisi, Pelukis Cukil, Penari, Perias hingga Jasa penyewa sound sistem dan panggung itu mempertanyakan terkait kapan mereka bisa kembali beraktifitas kembali.

"Kapan pak kami diperbolehkan kembali bekerja. Sebab penghasilan kita para pegiat seni musik ini 90% berasal dari atas panggung," kata Frans salah satu Seniman musik yang hadir, Rabu (10/06/2020).

Pegiat seni di Blora sambangi DPRD BloraPegiat seni di Blora sambangi DPRD Blora Foto: Febrian Chandra

Frans juga mempertanyakan protokol pelaksaan skema new normal terkait dengan aktifitas seni. Contoh di Semarang pegiat yang tampil di cafe dengan protokol kesehatan, menggelar hajatan dengan protokol kesehatan.

"Saya rasa di Kabupaten Blora juga perlu dilakukan hal serupa. Sebab new normal jangan sampai menjadi teori namun terealisasi dengan baik. Terutama dalam bidang ekonomi agar kembali berjalan normal," Tukasnya.

Menanggapi hal itu Ketua Komisi D Ahmad Labib Hilmi mengatakan, terkait new normal pihaknya akan menanyakan ke pemkab Blora terkait indikator penentuan daerah itu masuk zona hijau, kuning dan merah.

"Sebab sampai saat ini pihaknya juga belum menerima skema penjelasan pelaksanaan new normal dari tim gugus tugas," Jelasnya.

Gus Labib sapaan akrabnya, juga mengatakan, didalam kompenen Satgas penangganan Covid sudah komplit. Namun tidak terorganisir dengan baik.

"Penanggung jawab adalah bupati. Mulai perencanaan hingga pelaksaan tidak dilaksankan secara matang," Jelasnya.

Pegiat seni di Blora sambangi DPRD BloraPegiat seni di Blora sambangi DPRD Blora Foto: Febrian Chandra

Sementara itu Kabid Kebudayaan Dinporabudpar mengatakan terkait bantuan BLT kelompok seni pihaknya telah mendaftarkan 105 kelompok seni berbasis NIK.

"Sudah ada 312 warga pegiat kesenian yang datanya sudah dikirim ke Provinsi. Itupun masih ada usulan sebanyak 132 warga," Jelasnya.

Sementara itu, Eksis Wijaya menegaskan, kedatangan para pegiat seni bukan semata hanya untuk menanyakan bantuan saja. Namun Pemkab dan DPRD Blora harus memikirkan untuk mewadahi para pegiat kesenian.

"Di Blora ada komunitas akar merdeka. Karya - karya mereka sudah sampai hingga malaysia," Jelasnya.




Simak Video "Pemkot Solo Gelar Tes Swab Massal, 2 Orang Positif"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com