Mural Raksasa 'Black Lives Matter' Sengaja Ada di Seberang Gedung Putih

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 06 Jun 2020 17:09 WIB
Mural Black Lives Matter di Seberang Gedung Putih
Foto: Istimewa
Jakarta -

Mural raksasa berwarna kuning yang bertuliskan 'Black Lives Matter' berada di seberang Gedung Putih. Lokasi itu sengaja dipilihkan Walikota Washington DC, Muriel Bowser, sebagai respons dari kemarahan pengunjuk rasa.

Usai meresmikan mural dan nama jalan Black Lives Matter Plaza, Bowser mengatakan muralnya merupakan pesan dukungan.

"Karya seni ini adalah solidaritas kepada warga AS yang marah atas pembunuhan George Floyd," ujarnya dilansir dari berbagai sumber.



Ia juga menceritakan sebelum kerusuhan marak terjadi, walikota berdebat dengan Presiden Donald Trump. Pemerintah kota pun menyiapkan keamanan sebelum demonstrasi akhir pekan lalu yang membawa puluhan ribu orang ke kota saat pandemi COVID-19.

"Kami tahu apa yang sedang terjadi di negara kami. Ada banyak kemarahan. Ada banyak ketidakpercayaan terhadap polisi dan pemerintah," kata Bowser saat konferensi pers.

"Ada orang yang berhasrat didengar dan dilihat agar kemanusiaan mereka diakui. Kami punya kesempatan untuk mengirim pesan dengan keras dan jelas di jalan yang sangat penting di negara ini," pungkasnya.

Mural 'Black Lives Matter' dengan huruf kuning cerah membentang di sepanjang 16th Street di bagian utara Lafayette Square dan berakhir di dekat Gereja Episcopal St.John.



Simak Video "Mural Raksasa Black Lives Matter di Dekat Kantor Trump"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)