'Sinden Republik' Diputar Streaming Akhir Pekan Ini

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 29 Mei 2020 17:10 WIB
Pertunjukan Sinden Republik
Foto: Indonesia Kita/ Istimewa
Jakarta -

Program #NontonTeaterDiRumahAja kali ini menyiarkan pertunjukan 'Sinden Republik' akhir pekan ini. Pementasan produksi Indonesia Kita dapat ditonton pada 30-31 Mei 2020 pukul 15.00 WIB di situs www.indonesiakaya.com maupun channel YouTube IndonesiaKaya.

Lakon 'Sinden Republik' sebelumnya digelar pada Mei 2015 di TIM. Trio kreatif Indonesia Kita yang terdiri dari Butet Kertaradjasa, Agus Noor, dan almarhum Djaduk Ferianto menggandeng budayawan Sujiwo Tejo sebagai sutradara untuk pementasan ini.

"Pementasan ini mengajak masyarakat untuk tidak hanya melihat suatu hal sekadar hitam dan putih tapi berpikir kritis untuk mencari makna lain yang tersirat di dalamnya," ucap Sujiwo Tejo yang juga berperan sebagai Sinden Sepuh, dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (29/5/2020).

Pertunjukan 'Sinden Republik'Pertunjukan 'Sinden Republik' Foto: Indonesia Kita/ Istimewa



Menurut Sujiwo Tejo, penonton tidak hanya melihat suka duka dunia sinden tapi juga persoalan bangsa dan bernegara.

"Seperti korupsi, persoalan ekonomi, sampai pentingnya merawat seni dan kebudayaan," katanya.

Lakon 'Sinden Republik' menampilkan Soimah, Endah Laras, Sruti Respati, Megan Colleen O'Donoghue, dan Rita Tila. Setiap penyanyi memainkan lakon dengan gaya musikal masing-masing.

Mereka juga beradu akting dengan Miing Bagito, Cak Lontong, Butet Kartaredjasa, Akbar, Sahita, Trio GAM, dan lain-lain.

"Indonesia Kita selalu mengangkat isu sosial dengan membawa perspektif berbeda ke panggung pertunjukan yang dikemas secara artistik dan menjadikan pentas sebagai sebuah proses dialog bersama para seniman lain," kata Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian.



Simak Video "Kemenparekraf Disentil Joko Anwar Gegara Modifikasi Poster 'Musikal di Rumah Aja'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)