Inspirasi Bertani Iskandar Waworuntu Lahir dari Panggung Teater

Alfi Kholisdinuka - detikHot
Senin, 18 Mei 2020 18:33 WIB
Mola
Foto: Dok. Mola TV
Jakarta -

Bagi William Shakespeare tak terkecuali God Bless dunia ini dianggap panggung sandiwara. Namun berbeda dengan sang empunya Bumi Langit Institut Iskandar Waworuntu, eks seniman anggota teater WS Rendra ini menganggap panggung tersebut sebagai cara dirinya untuk bertani.

"Kalau kita ngomong konteks berkesenian (teater), ya ini (bertani) adalah panggung saya, ini adalah kanvas saya kalau dalam konteks seni rupa kanvas, jadi saya memang orang yang berkecenderungan ke sana menciptakan karya bersama alam," ujarnya dalam Tayangan Mola TV.

Iskandar mengembangkan konsep permakultur dalam pertanian di Bumi Langit Institut, ini merupakan pendekatan yang mengandalkan keberagaman. Idealisme ini lahir kala dirinya aktif di bengkel teater untuk menjadi seniman sejati dan mewujudkan kedaulatan pangan bagi dirinya.

"Dulu waktu di bengkel teater, karena saya juga waktu itu menantang bengkel, untuk menjadi seniman sejati yang tidak berkompromi dengan kepentingan, itu sebenarnya kita harus berdaulat pangan," jelasnya.

"Jadi waktu itu saya bersama teman bengkel memutuskan pergi ke Bengkulu untuk membuka hutan di sana, agar kembali ke alam (untuk bertani)," imbuh dia.

Diketahui, Bumi Langit Institut kini merupakan kawasan terpadu dikelola Iskandar, yang berisikan rumah makan, pertanian, serta peternakan yang memiliki filosofi tersendiri. Berkat usaha kerasnya mengembangkan permakultur, pada 2017 Barack Obama pun memilih makan siang di Resto Bumi Langit Yogyakarta ini.

Penasaran dengan kisah Iskandar Waworuntu dengan Bumi Langit Institut nya? Anda dapat melihat selengkapnya dalam acara Blusukan Butet Kartaredjasa: Food Philosophy di Mola TV. Semua itu dapat dilihat melalui paket Corona Care Mola TV.

Dalam program ini, Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli melalui Corona Care, sebuah program yang bertujuan untuk membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.

Program ini dapat disaksikan juga dengan memberikan sumbangan yang beragam mulai dari Rp 0 (atau sekadar doa) hingga Rp 5 juta. Nantinya setiap sumbangan tersebut akan digandakan Mola TV dan disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus Corona.



Simak Video "Ketertarikan Reza Rahadian Main Teater di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)