detikHot

art

Proyek Unik Agan Harahap Galang Dana saat Pandemi Corona

Rabu, 13 Mei 2020 10:47 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Seniman Agan Harahap Foto: Yolanda Vista/ detikHOT
Jakarta -

Agan Harahap punya proyek unik menggalang dana di masa pembatasan sosial berskala besar karena Corona. Beberapa waktu lalu, ia membuat proyek potret keluarga. Bagaimana ceritanya?

Seniman yang tinggal di Yogyakarta itu menceritakan ide proyek yang digarapnya bermula dari keluarga. Keluarga menjadi bagian terpenting dalam hidup setiap orang.

"Setidaknya gue berpikir, gimana kalau keluarga lain yang karena Corona harusnya bersatu jadi tidak bersatu. Yang dirindukan tapi nggak ada, jadi ini project yang terbuka," tutur Agan ketika berbincang saat Live IG bersama detikcom, belum lama ini.



Caranya cukup sederhana, siapa pun yang ingin fotonya dimanipulasi untuk bergabung dengan orang tua lain yang terpisah, bisa direkayasa oleh sang seniman.

"Orang-orang kirim fotonya untuk diedit. Ini berbayar, dan gue sumbangkan untuk orang-orang yang terputus mata rantainya karena Corona," terangnya.

Dia pun menambahkan, foto yang bisa bermakna mendalam. Salah satu contohnya ketika ada orang yang meminta fotonya digabungkan dengan orang tua yang sudah bercerai ketika ia masih kecil dan kini sudah meninggal.



Orang tersebut meminta fotonya agar satu frame dengan orang tuanya tersebut.

"Jadi itu yang gue kerjain seperti itu. Open submission 3 hari tapi ngerjain bisa seminggu lebih. Ada yang menyatukan 14 orang dalam satu frame juga," tukasnya.




Simak Video "Eksklusif! Manipulasi Foto, Bentuk Agan Harahap Sindir Isu di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com