Oppie Andaresta Ajak Ngobrol Pekerja Seni dalam 'Guyub Sore'

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 12 Mei 2020 14:00 WIB
Oppie Andaresta di Frankfurt Book Fair 2019
Foto: Komite Buku Nasional/ Istimewa
Jakarta -

Situasi pandemi COVID-19 yang menyebar secara luas membuat berbagai sektor industri terkena imbasnya. Pekerja seni yang menggantungkan hidup dari panggung ke panggung berpikir segala cara untuk bertahan.

Keprihantinan hilangnya ruang kreasi pekerja seni membuat Oppie Andaresta membuat program 'Guyub Sore'. Program yang didukung Bakti Budaya Djarum Foundation menjadi ruang bagi musisi dan pekerja seni berbagi cerita dari rumah masing-masing.

Oppie mengatakan 'Guyub Sore' menjadi respons dari keresahan para pekerja seni yang menggantungkan hidupnya dari berkesenian.



"Pandemi ini membuat mereka bisa tampil di panggung yang artinya tidak ada pemasukan karena bagi mereka harus ada panggung untuk bisa hidup," ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Selasa (12/5/2020).

Menurut Oppie, 'Guyub Sore' menjadi panggung berbentuk virtual bagi para pekerja seni setiap pukul 16.00 WIB di akun Instagram pribadinya. Dengan konsep ngabuburit, Oppie dan para pelaku seni ini akan mengisi sore dengan ngobrol santai dan menampilkan karya seni dari rumah masing-masing.

Digelar sejak 7 Mei, berbagai pengisi acara yang mengobrol dengan Oppie di antaranya adalah Bagus Mazasup, Bimbim Slank, Nova Ruth, Bagong Soebardjo dari Wayang Dongeng Yogyakarta, Ucok Hutabarat & Denny Jumbo, penyair Joko Pinurbo hingga pendongeng Kak Resha.



Simak Video "MV Baru 'Dynamite' BTS Meluncur di Game Fortnite"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)