Teater Tari Citraresmi Diputar Streaming untuk Temani Kamu di Rumah

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 24 Apr 2020 17:00 WIB
Pertunjukan teater tari Citraresmi
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pertunjukan teater 'Bunga Penutup Abad' sukses diputar streaming di situs Indonesia Kaya akhir pekan lalu. Lewat program #NontonTeaterDiRumahAja, Galeri Indonesia Kaya mengajak para pencinta seni untuk menikmati pementasan saat berada di dalam rumah.

Diputar secara streaming, rekaman teater tari Citraresmi akan ditayangkan pada 25-26 April 2020 pukul 14.00 WIB di website www.indonesiakaya.com dan chanel YouTube Indonesia Kaya.

"Pementasan Bunga Penutup Abad yang diputar streaming ditonton lebih dari 11.000 penonton. Kami senang melihat antusias dan semangat dari penikmat seni lewat program #NontonTeaterDiRumahAja," ujar Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, dalam siaran pers yang diterima.



Teater tari 'Citraresmi' karya Toni Lesmana mengangkat kisah mengenai Dyah Pitaloka Citraresmi dan tragedi Perang Bubat pada tahun 1261 tahun Saka atau 1339 M, di Kawali, pusat dari Kerajaan Galuh.

Ceritanya disebut dalam karya sastra 'Kidung Sundayana', kitab Pararaton, dan kitab Pusaka Pararatwan i Bhumi Jawa Dwipa. Saat perempuan selalu diposisikan pada subordinat berabad-abad lamanya.

Pertunjukan teater tari 'Citraresmi'Pertunjukan teater tari 'Citraresmi' Foto: Istimewa



Produser Happy Salma mengatakan sosok Citraresmi yang ditampilkan Maudy Koesnaedy menghadirkan kondisi perempuan saat itu.

"Bersama para seniman perempuan lainnya, serpihan pergulatan jiwa Citraresmi saat terjadi Perang Bubat akan dihadirkan dalam seni peran, seni tari, dan seni suara sebagai satu kesatuan lakon sebagai bentuk pertunjukan Citraresmi," tuturnya.

Selain menampilkan Maudy Koesnaedi, pementasan yang disutradarai oleh Wawan Sofwan ini juga menampilkan Miming Suwandi, Rinrin Candraresmi, Ida Rosida koswara, Ria Ellysa Mifelsa, Hanna Rosiana, Maudy Widitya, Wina Rezky Agustina, Dini Dian Anggraeni, Ulfa Yulia, dan Elfira Sofianni Putri.



Simak Video "Kemenparekraf Disentil Joko Anwar Gegara Modifikasi Poster 'Musikal di Rumah Aja'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)