Sentilan Komik Grontol buat Mereka yang Mudik di Tengah Wabah Corona

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 01 Apr 2020 09:47 WIB
Komik Grontol
Foto: Komik Grontol/ Istimewa
Jakarta -

Komik Grontol punya cara unik untuk menyentil kondisi yang terjadi belakangan ini di Indonesia. Di tengah pandemi Corona, masyarakat banyak yang eksodus pulang kampung.

Hal itu membuat Komik Grontol tergelitik untuk menggambar sebuah komik strip. Tapi pencipta Komik Grontol, Laste, membuatnya bergaya ala cerita rakyat khas Padang, Malin Kundang.

Dalam panel komiknya, alkisah Malin Kundang dan istrinya pulang kampung ke kota kelahirannya.

"Astaga, itu kan anakku si Malin Kondang, kenapa dia tak mentaati himbauan pemerintah untuk menunda mudik dulu??" ujar ibu Malin Kondang yang bermasker.



Tiba-tiba saja Malin Kondang yang tidak bermasker batuk dan mengenai ibunda dan warga kampung lainnya. Panel lainnya begitu terkejut, Malin Kondang melihat ada banyak nisan di kampung halamannya.

Komik strip yang mendapatkan lebih dari 4.800 likes itu menyentil mereka yang pulang kampung ke kota kelahirannya. Padahal Presiden Jokowi maupun pemerintah daerah setempat menghimbau agar menetap di Ibu Kota saja.

"Jangan sampe kamu jadi carrier dan nularin keluarga di kampung halaman.. Lalu kalo sampai kemungkinan terburuk terjadi, nyeselnya akan terbawa sampai seumur hidupmu... 😐," ujar seorang netizen.

"Intinya yg maksa mudik dalam kondisi begini, adalah org2 egois yg tidak berpikir panjang.... mikir cuma sesaat aja, kangen... ya smua org jg kangen, tapi masa ga bisa ditahan? Daripada membunuh ortu dan keluarga sendiri?," ujar warganet lainnya.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Komik Digital yang Mendidik, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)