detikHot

art

4 Pameran Seni di Jakarta yang Ditutup Gegara Corona

Kamis, 19 Mar 2020 15:28 WIB Tia Agnes - detikHot
Pameran Tunggal Melati Suryodarmo di Museum MACAN Jakarta Foto: Museum MACAN Jakarta/ Istimewa
Jakarta -

Penyebaran virus Corona COVID-19 membuat sejumlah acara dan pameran seni tutup sementara. Hal tersebut dilakukan agar mencegah penyebaran virus yang semakin massif di Ibu Kota.

Ada pameran seni apa saja yang ditutup sementara karena virus Corona? Berikut 4 pameran seni tersebut, di antaranya:

1. Srihadi Soedarsono: Man x Universe

Pameran tunggal Srihadi Soedarsono baru saja dibuka pada Rabu (11/3) di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia. Menteri BUMN, Erick Thohir, yang membuka eksibisi. Sebanyak 44 lukisan yang dibuat selama 3 tahun belakangan dipajang di Gedung A.

Sayangnya baru beberapa hari dibuka, Pemprov DKI mengumumkan untuk mengatur pembatasan orang yang berkumpul di satu lokasi dan menutup 24 titik lokasi wisata. Galeri Nasional Indonesia pun menutup pameran di dalamnya.

4 Pameran Seni di Jakarta yang Ditutup Gegara Corona4 Pameran Seni di Jakarta yang Ditutup Gegara Corona Foto: Rachman Haryanto/ detikcom



2. Imagispace

Pameran seni digital 'Imagispace' baru saja dibuka 7 Maret 2020. Berada di area 1.600 meter persegi di Gandaria City Mall, pamerannya menghadirkan 7 karya seni instalasi yang interaktif.

"Iya benar (menutup sementara), kita memutuskan untuk support keputusan pemerintah dengan mempertimbangkan kepentingan kesehatan serta keselamatan kita bersama," tutur CEO SGE Live, Mervi Sumali, ketika dihubungi detikcom.

'Imagispace' tutup hingga 29 Maret 2020.

4 Pameran Seni di Jakarta yang Ditutup Gegara Corona4 Pameran Seni di Jakarta yang Ditutup Gegara Corona Foto: Imagispace (Tia Agnes)



3. 'Why Let the Chicken Run' Karya Melati Suryodarmo

Museum MACAN Jakarta memutuskan menutup sementara lokasinya karena virus Corona yang makin menyebar di Indonesia. Kabar itu diumumkan oleh media sosial Museum MACAN pada 14 Maret 2020.

Seniman performans Melati Suryodarmo menggelar pameran tunggal 'Why Let the Chicken Run?' yang menghadirkan 12 performans berdurasi antara 15 menit sampai 12 jam.

Dalam periode 13 minggu, beberapa karya sang seniman yang paling menantang dan membuatnya dikenal. Serta artefak dari performans sebelumnya, karya foto hingga dokumentasi video yang bersifat historis akan ditampilkan. Sayangnya pamerannya ditutup sementara waktu.

4 Pameran Seni di Jakarta yang Ditutup Gegara Corona4 Pameran Seni di Jakarta yang Ditutup Gegara Corona Foto: Agung Pambudhy



4. Julian Rosefeldt 'Manifesto'

Di waktu yang bersamaan dengan pameran tunggal Melati Suryodarmo, perupa Julian Rosefeldt menggelar 'Manifesto'. Karya instalasi multimedia dengan 13 layar dan menampilkan sosok Cate Blanchett dalam 13 peran yang berbeda.

Pameran tunggal Julian Rosefeldt digelar di Museum MACAN Jakarta, AKR Tower, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.




Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com