detikHot

art

Museum MACAN Jakarta Tutup Sementara, Performans Melati Suryodarmo Ditunda

Sabtu, 14 Mar 2020 16:05 WIB Tia Agnes - detikHot
Pameran tunggal Melati Suryodarmo di Museum MACAN. Foto: Pameran tunggal Melati Suryodarmo di Museum MACAN. (Anisa Fitria)
Jakarta -

Museum MACAN Jakarta memutuskan menutup sementara lokasinya yang berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pasien positif virus Corona yang makin bertambah di Indonesia membuat pihak museum harus menyebarkan kabar tak menyenangkan tersebut.

Pihak Museum MACAN juga membatalkan performans yang dilakukan Melati Suryodarmo sepanjang sisa pameran yang sudah dibuka sejak Februari lalu. Acara diskusi yang bertajuk 'Angkringan' bersama seniman asal Solo itu terpaksa ditunda.

"Iya semua agenda ditunda. Ini keputusan baru tadi malam banget, karena awalnya kita sudah menyiapkan jalanin program," tutur Head of Communications Museum MACAN, Nina Hidayat, ketika dihubungi detikcom, Sabtu (14/3/2020).


Sejak Corona mulai menyebar di Jakarta dan kota-kota lainnya, Museum MACAN Jakarta sudah menyiapkan langkah yang sesuai aturan pemerintah. Termasuk mengatur batas jarak aman antar satu orang dengan orang lainnya sejauh satu meter.

Keputusan Museum MACAN pun dipublikasikan lewat media sosial resmi mereka tadi pagi.

"Demi keamanan publik, Museum MACAN tutup sementara mulai hari ini Sabtu, 14 Maret 2020. Kami akan mengabari teman MACAN tentang jadwal pembukaan kembali museum, sejalan dengan rekomendasi keamanan dari Pemprov @dkijakarta. Sampai berjumpa lagi di Museum MACAN. Mari bersama-sama menjaga kesehatan Indonesia," tulis Museum MACAN.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memerintahkan untuk menutup 13 lokasi wisata yang ada di Ibu Kota dan menghimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan massal di ruang publik. Anies pun menunda penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) di DKI dan menutup sekolah selama dua pekan hingga akhir Maret 2020.




Simak Video "Aksi Tisna Sanjaya dan Melati Suryodarmo di National Gallery of Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com