Bukan Cuma Keris, Belanda Juga Pernah Kembalikan Tongkat Pangeran Diponegoro

ADVERTISEMENT

Bukan Cuma Keris, Belanda Juga Pernah Kembalikan Tongkat Pangeran Diponegoro

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 11 Mar 2020 09:50 WIB
Pameran Aku Diponegoro: Sang Pangeran Dalam Ingatan Bangsa digelar di Galeri Nasional, Jakarta. Pameran ini memajang sejumlah karya perupa dan koleksi museum yang terkait dengan Pangeran Diponegoro.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Keris Kiai Naga Siluman yang kembali ke Indonesia menjadi pembicaraan publik. Setelah dua abad lamanya disimpan Belanda, keris itu dikembalikan oleh Raja Willem Alexander dan Ratu Máxima yang melakukan kunjungan resmi dan bertemu Presiden Jokowi, kemarin

Ini bukan pertama kalinya salah satu pusaka Tanah Air dikembalikan Belanda. Saat pembukaan pameran 'Aku Diponegoro' di Galeri Nasional Indonesia pada 2015, ada satu tongkat pusaka milik Pangeran Diponegoro yang disimpan keluarga Michael Bauld yang juga akhirnya pulang kampung.

Penyerahan itu diterima oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan, di malam pembukaan. Saat itu, Anies mengatakan setelah 183 tahun, tongkat Pangeran Diponegoro balik lagi ke Indonesia.



"Tentu saja, penyerahan ini akan membuat sejarah bagi Indonesia. Kita harus bangga dengan tongkat pusaka ini menjadi milik Tanah Air," kata Anies, kala itu.

Pada 1832 silam, saat Diponegoro ditangkap oleh Belanda, seluruh barang-barang bawaannya termasuk tongkat disita oleh pihak lawan. Sejak saat itu, tongkat tersebut dibawa ke Belanda bahkan sampai Indonesia merdeka.

Di pameran 'Aku Diponegoro: Sang Pangeran dalam Ingatan Bangsa, dari Raden Saleh hingga Kini', tombak perang Pangeran Diponegoro dan pelana kuda mikiknya dipamerkan.



Simak Video "Melihat Lebih Dekat Wujud Keris Pangeran Diponegoro"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT