detikHot

art

Festival Potehi Sapa Pencinta Seni Awal Februari

Minggu, 26 Jan 2020 17:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: festival Potehi. ist
Jakarta -

Komunitas Salihara dan Rumah Cinta Wayang segera menggelar Festival Potehi awal Februari. Seni wayang boneka yang dibawa imigran dari provinsi Fujian, selatan Tiongkok, itu menjadi gelaran menarik bagi pencinta seni.

Wayang Potehi terbuat dari kain, berbentuk kantong, dan dimainkan dengan lima jari. Tak hanya membawakan cerita khas Tiongkok tapi wayang Potehi juga telah membaur dengan budaya Tanah Air.

Menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2020, festival wayang Potehi digelar untuk memperkenalkan kembali kesenian tersebut pada masyarakat Indonesia.

"Bersama festival ini kita akan melihat kembali budaya Tionghoa Peranakan dan merayakan keberagaman budaya Indonesia," tulis keterangan pers yang diterima detikcom, Minggu (26/1/2020).

Festival bakal dimeriahkan oleh pertunjukan wayang potehi yang berjudul 'Sun Go Kong Melawan Putri Kipas' pada Sabtu (1/2). Ada juga diskusi menarik tentang perkembangan budaya Tionghoa Peranakan setelah reformasi dan serba-serbi tentang wayang Potehi.

Diskusi menghadirkan dalang wayang Potehi, peneliti dan pakar budaya Tionghoa seperti Udaya Halim dan Josh Stenberg yang didukung Kedutaan Besar Kanada di Indonesia.

Festival wayang Potehi digelar pada Sabtu (1/2/2020) mulai pukul 14.00 WIB di Galeri Salihara, Jakarta Selatan.




Simak Video "''Kisah-kisah Tanah Manusia'', Anekdot Lahan dan Insan dalam Pigura"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com