detikHot

art

Pentas 'Planet - Sebuah Lament' Digelar di Jakarta hingga Belanda

Rabu, 15 Jan 2020 16:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa
Jakarta - Pertunjukan teater 'Planet - Sebuah Lament' segera digelar untuk umum pada 17-18 Januari 2020 di Teater Jakarta, kompleks TIM, Jakarta Pusat. Kota Jakarta menjadi pementasan perdana bagi garapan sutradara Garin Nugroho.

Garin Nugroho yang juga menulis naskah pertunjukan mengatakan pentas di Jakarta adalah perdana bagi lakon tersebut. Sama seperti karya-karya Garin sebelumnya, pihaknya sudah menyiapkan runtutan penyelenggaraan.

"Di bulan Februari, dipentaskan ke festival triennale (tiga tahunan) di Melbourne Australia. Lalu bulan Mei ke Jerman, dan Juni ke Holland Festival di Belanda," ujar Garin ketika menyambangi kantor detikcom, kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.


Pentas 'Planet - Sebuah Lament' Digelar di Jakarta hingga Belanda  Pentas 'Planet - Sebuah Lament' Digelar di Jakarta hingga Belanda Foto: Muhammad Ridho/ Istimewa


Tiga lokasi penyelenggaraan itu untuk rencana pertama 'Planet - Sebuah Lament'. Lewat pentas ini, lanjut Garin, ia ingin masyarakat bisa merasakan adanya renungan untuk kebangkitan bersama.

"Sebetulnya 'lament' itu adalah ratapan atau renungan untuk kebangkitan bersama. Renungan pada dunia dan negeri kita soal bencana alam. Pertanyaan tentang survival manusia terhadap energi dan pangan kita," tuturnya.

Galabby yang turut main dalam pertunjukan juga menambahkan, "Saya melihat Indonesia saat ini benar-benar prihatin dan meresapi yang disampaikan. Yang disampaikan oleh teater ini, mudah-mudahan menjadi solusi," tukas Galabby.




Simak Video "'Planet Sebuah Lament', Pentas Renungan Karya Garin Nugroho"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com