detikHot

art

Gilang Fradika Main-main dengan Figur Disney di Lukisannya

Jumat, 10 Jan 2020 17:01 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikhot Gilang Fradika Main-main dengan Figur Disney di Lukisannya Foto: Tia Agnes/ detikhot Gilang Fradika Main-main dengan Figur Disney di Lukisannya
Jakarta - Tak banyak seniman Indonesia yang mampu bermain dengan figur Disney dalam setiap karyanya. Gilang Fradika adalah salah satunya.

Seniman asal Yogyakarta itu memasukkan simbol dan figur Disney ke dalam setiap lukisannya. Karya-karya tersebut tengah dipamerkan di RUCI Art Space sampai akhir pekan ini.

Ditemui di RUCI Art Space, Gilang mengatakan sejak kecil sudah menyukai karakter-karakter Disney. "Secara alamiah tertarik ke sini, Disney nih buat saya untuk merayakan, saya merasakan visual yang besar itu dan menginspirasi," ujarnya ketika berbincang dengan detikcom.



Menurutnya, Disney merupakan simbol global yang sudah dikenal di seluruh dunia. Berbagai karakter Disney pun mudah dikenali oleh siapapun.

Gilang Fradika Main-main dengan Figur Disney di LukisannyaGilang Fradika Main-main dengan Figur Disney di Lukisannya Foto: Tia Agnes/ detikhot


"Ketika mau ngomong isu soal itu nggak bisa balik ke tematik personal lagi. Akhirnya saya mengkombinasikan antara imajinatif personal dan budaya pop dari Disney," lanjut Gilang.

Di pameran tunggal '(UN)COVER', Gilang memasukkan karakter Mickey Mouse, Pinocchio, Aladdin, Doraemon, dan lain-lain. Sebanyak 10 lukisan Gilang hadir dalam bentuk dua dimensi, ada juga etsa, cetakan kayu, dan karya instalasi yang lebih kontemplatif.



Bekerja sama dengan Mizuma Gallery, kisah fantasi Gilang menjadi salah satu oase dalam industri seni rupa. Misalnya saja lukisan 'Over the Hills & Far Away' yang menampilkan pegunungan bersalju dan karakter dongeng berada di bawah pegunungan yang tampak berkompetisi.

Pameran tunggal Gilang Fradika berlangsung hingga 12 Januari 2020 di RUCI Art Space, Jalan Suryo Nomor 49, Jakarta Selatan.


Simak Video "Said, Si Penghias Padang Rumput dengan Lukisan Indah"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com