detikHot

art

19 Seniman JIVA Mejeng Karya di Awal Tahun 2020

Kamis, 09 Jan 2020 16:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: JIVA/ Istimewa Foto: JIVA/ Istimewa
Jakarta - Galeri Nasional Indonesia (GNI) membuka pameran seni pertamanya di awal tahun 2020. Sebanyak 19 seniman Jakarta Illustration Visual Art (JIVA) memamerkan karyanya dalam pameran berjudul 'Excursion'.

Dibuka pada 8 Januari, kata 'excursion' merupakan perjalanan hidup seni seseorang atau perjalanan seniman di artistik tertentu. Kurator pameran Frigidanto Agung, mengatakan 'excursion' mengusung tiga wacana.

"Misi ragawi diwujudkan dalam rangkaian karya seni instalasi, menjiwai raga lebih menekankan bentuk yang sudah ada atau terlukis pada rentang waktu terdahulu, atau proses seniman terdahulu dan memberi arti baru pada masa kini," tutur Agung dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (9/1/2020).



Ketiga adalah soal jiwa dalam raga yang menginterpretasi tentang jiwa yang ada di dalam raga.

"Melalui ketiga bagian tersebut, karya seni dalam pameran ini dapat menunjukkan bagaimana raga digunakan untuk menjembatani permasalahan artistik para seniman," lanjut Agung.

Ke-19 seniman yang berpameran di antaranya adalah Ponk-Q Hary Purnomo, Tomy Faisal Alim, Deddy PAW, Ghanyleo, I Dewa Made Mustika, Syis Paindow, juga beberapa seniman yang berkolaborasi antara lain Sri Hardana x Rengga Satria x Jason Ranti, Agustan x Kana Fuddy Prakoso, Fitrajaya Nusananta x Sohieb Toyaroja, Jono Sugiartono x Krismarliyanti, RB Ali x Yayat Lesmana, serta Hendrikus David Arie x Teguh Hadiyanto.

Pameran 'Excursion' digelar juga bertepatan dengan 5 tahun JIVA yang diinisiasi oleh Ghanyleo. Eksibisi digelar hingga 27 Januari 2020.



Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/srs)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com