Lukisan Rp 85 M yang Ditemukan di Dapur Dilarang Keluar Prancis

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 26 Des 2019 12:06 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Lukisan abad ke-13 yang ditemukan di dapur menjadi pembicaraan pencinta seni pertengahan tahun ini. Karya langka senilai Rp 85 miliar kini ditetapkan menjadi harta nasional dan dilarang keluar dari Prancis.

Pemerintah Prancis melarang ekspor karya berjudul 'Christ Mocked' selama 30 bulan untuk memberikan waktu mengumpulkan dana untuk dibeli negara. Seniman Italia Cimabue disebut sebagai seniman pra-Renaissance terpenting di masanya.

Karya mungil itu berukuran 20,3 cm x 28,5 cm dan ditemukan seorang balai lelang selama kunjungan ke rumah perempuan tua. Lukisannya ditemukan di dekat kota Compiegene, bagian utara Prancis.



Perempuan berusia 90 tahun itu telah pindah ke rumah pensiun dan sedang melakukan pendataan barang-barang miliknya. Tak disangka sebuah lukisan yang ada di dapurnya bernilai puluhan miliar rupiah.

Ia tadinya mengira itu adalah lukisan biasa yang warnanya sudah memudar selama bertahun-tahun. Kementerian Kebudayaan Prancis menuturkan lukisan 'Christ Mocked' dalam kondisi baik.

"Kami menaati aturan Prancis untuk menjadikannya harta nasional dan memblokir ekspor lukisannya ke luar negeri," tutur Menteri Kebudayaan Prancis, Frank Riester.


Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)