detikHot

art

Ini Bocah 12 Tahun yang Lukisannya Dianggap Seperti Jackson Pollock

Jumat, 20 Des 2019 12:07 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Reuters/ Istimewa
Jakarta - Di dunia seni lukis abstrak, nama Jackson Pollock dianggap sebagai maestro dunia dan tak ada yang menyaingi. Tapi lukisan-lukisan seorang bocah berusia 12 tahun asal Vietnam, Xeo Chu, justru dianggap seperti Jackson Pollock.

Dilansir dari Reuters, Xeo Chu mencetak rekor penjualan lukisan abstrak dengan harga lebih dari Rp 2 miliar. Karya-karyanya dibandingkan dengan pelukis abstrak asal AS, Jackson Pollock.

Siswa kelas 1 SMP di Vietnam itu menggelar pameran tunggal perdana di Galeri George Berges, Manhattan, AS. Pameran berjudul 'Big World, Little Eyes' membuat decak kagum pencinta seni.



Dia menuturkan sejak usia 6 tahun sudah melukis bergaya abstrak. "Seorang pembeli datang dan bilang suka dengan lukisan saya. Saya sangat senang sekali saat itu," kata Xeo Chu.

Suatu hari, ibunya mengatakan akan menggelar pameran tunggal di New York. Untuk menyiapkan eksibisinya, ia butuh waktu 3 bulan lamanya.

"Lewat lukisan saya bisa melakukan banyak hal. Saya dapat memilih, seperti apa yang saya akan gambar atau detail apa yang bisa saya lakukan. Hal-hal seperti itu," katanya.

Lukisan Chu dibandingkan dengan Pollock, seorang tokoh utama dalam gerakan ekspresionis abstrak dari tahun 1940-an dan 1950-an. Karier Pollock pun dimulai saat berusia di atas 12 tahun, sama seperti Xeo Chu.




Simak Video "Lukisan dari Pelepah Pisang, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com