detikHot

art

Putri Ayudya Berbagi Semangat Teater di Kudus

Senin, 16 Des 2019 13:46 WIB Akrom Hazami - detikHot
Halaman 1 dari 2
Foto: 20Detik
Kudus - Bintang film 'Ratu Ilmu Hitam' dan 'Gundala', Putri Ayudya bercerita kesan adanya pelajar berteater di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, akhir pekan lalu. Hal itu sama seperti dirinya yang juga malang melintang belajar teater.

Hal itu disampaikannya saat konferensi pers Festival Teater Pelajar di GOR Djarum Kaliputu, Kudus. Diketahui, dia menjadi satu di antara tiga tim juri festival tahunan tersebut. Ada delapan kelompok teater pelajar berkompetisi.

"Tidak bisa dilupakan sama anak-anak ini, nanti begitu mereka besar. Ke depan, karena keterikatannya (berteater) bukan cuma keterikatan daya fisik, daya pikir, tapi juga perasaan. Biasanya kalau sudah menyangkut perasaan, susah nih. Mau move on, agak-agak PR nih," kata Putri Ayudya.



"Yang menarik adalah kalau teman-teman sering sekali, karena saya sebagai aktor, kita sering memiliki jalan masuk, jalan keluarnya susah. Biasanya sama. Yang banyak dilihat adalah bagaimana proses menuju sesuatu, tapi bagaimana proses meninggalkan sesuatu," tambah dia menceritakan keasyikan ikut teater.

"Aku enggak tahu dengan teman wartawan apakah sudah pernah melihat atau riset tentang apa yang terjadi pada sebuah grup teater setelah mempertunjukan yang besar, yang masif, dan memakan banyak tenaga. Setelahnya that's what?" ujarnya.

Biasanya dalam satu kelompok teater seperti teater pelajar, satu sama lain anggotanya menjunjung tinggi silaturahim. Syukur-syukur nantinya ada anggota teater dulu, akhirnya membentuk kelompok teater baru.

"Menurut saya untuk bisa melakukan moving forward, maju dari situ, melakukan hal besar dan bermakna bagi diri sendiri. Setelah selesai dari SMA, lulus pada pisah-pisahan, tadiya satu teater, kemudian mendirikan teater sendiri-sendiri dan tetap berkoneksi satu sama lain, itu membutuhkan suatu skill yang besar, membutuhkan sesuatu kerekatan yang baik satu sama lain dan juga proses belajar," ungkap dia.

(tia/tia)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com