detikHot

art

Dunia Polkadot Yayoi Kusama Jadi Pameran Seni Terpopuler Museum MACAN

Jumat, 13 Des 2019 14:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Jakarta -

Berdiri sejak dua tahun lalu, pameran 'Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow' menjadi eksibisi terpopuler sepanjang hadirnya Museum MACAN di Jakarta. Lebih dari 200 ribu pengunjung menyambangi dunia polkadot seniman nyentrik asal Jepang tersebut.

"Lebih dari 200 ribu pengunjung melihat karya-karya fenomenal Yayoi Kusama. Pameran itu juga yang bisa kami bilang sebagai pameran terpopuler yang paling banyak dikunjungi masyarakat umum," tutur Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto, saat media gathering, Jumat (13/12/2019).

Dunia Polkadot Yayoi Kusama Jadi Pameran Seni Terpopuler Museum MACANFoto: (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)



Pada 12 Mei sampai 9 September 2018, sebanyak 130 karya Yayoi Kusama mejeng di Museum MACAN. Untuk pertama kalinya juga, publik Ibu Kota disuguhi karya-karya yang tak konvensional untuk sebuah pameran seni.

"Kami berpikir mengapa pameran Yayoi Kusama yang paling banyak dikunjungi, mungkin karena oh masyarakat antusias dan penasaran melihat ada pameran seni yang bisa dihadirkan dengan sebegitu artistiknya," lanjut Aaron.


Di tahun kedua, Museum MACAN menampilkan pameran tunggal Arahmaiani sebagai seniman penting yang telah mendunia. Di saat yang sama, pameran Arahmaiani disandingkan dengan presentasi perupa Taiwan Lee Mingwei.

Dunia Polkadot Yayoi Kusama Jadi Pameran Seni Terpopuler Museum MACANFoto: Tia Agnes/ detikHOT



Pada Mei sampai Juli 2019, pameran 'Dunia dalam Berita' hadir sebagai respons pergolakan politik, sosial serta transisi Orde Baru ke Reformasi. Penghujung 2019, pameran pertama perupa China Xu Bing pun disuguhkan pada publik Indonesia.




Simak Video "Puasnya Sri Mulyani Nikmati Pameran Yayoi Kusama di Museum Macan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com